Imigrasi Palopo Buka Layanan Eazy Passport Dua Hari di Toraja Utara

68

TORAJA UTARA—Tingginya antusiasme masyarakat Kabupaten Toraja Utara dalam membuat paspor terlihat saat petugas imigrasi dari Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo datang ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Toraja Utara.*

Kedatangan petugas Imigrasi Palopo ke Toraja Utara dalam rangka melaksanakan pelayanan Eazy Passport sebagai tindak lanjut atas permohonan Disnakertrans Toraja Utara.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo Benyamin Kali Patembal Harahap menyampaikan bahwa layanan Eazy Passport adalah program pelayanan paspor secara kolektif atau berkelompok yang dilaksanakan di luar kantor imigrasi. Jadi pemohon dapat mengajukan paspor secara kolektif tanpa harus datang ke kantor imigrasi.
“Layanan eazy Passport adalah upaya kami (Imigrasi Palopo) untuk memberikan pelayanan efektif dan mendekatkan diri kepada masyarakat sehingga masyarakat Kabupaten Toraja Utara tidak perlu menempuh jarak 60 km atau setara 2 jam perjalanan untuk ke Palopo demi mendapatkan layanan ini. Kami yang datang ke Toraja Utara untuk melayani permohonan paspor mereka,” imbuhnya.
Kegiatan Layanan Eazy Passport yang dilaksanakan selama dua hari yakni pada hari Senin dan Selasa, 11 s/d 12 Oktober 2021 mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat Kabupaten Toraja Utara. Hal ini tercermin dari jumlah pemohon yang mencapai 50 orang baik permohonan paspor baru dan penggantian. Kebanyakan pemohon merupakan ASN Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja. Selain itu, Pelaut tidak luput memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus paspor.
Pada hari pertama pelayanan, petugas imigrasi palopo melayani sebanyak 20 orang pemohon paspor dan pada hari kedua sebanyak 30 orang pemohon. Pemohon yang diwawancarai merasa sangat terbantu dengan layanan Eazy Passport yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Palopo. “Layanan ini betul-betul membantu khususnya masyarakat yang masih awam untuk pelayanan paspor. Kami berharap layanan Eazy Passport lebih sering dilaksanakan di daerah kami” ujar Ernita Husain seorang ASN di Sekretariat Daerah Kabupaten Toraja Utara.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Toraja Utara, Inrias Duma sangat mengapresiasi kegiatan Eazy Passport di Toraja Utara. “Pelayanan Eazy Passport merupakan pelayanan prima yang dimana kegiatan ini menjemput bola karena masyarakat kita (Toraja Utara) banyak yang terkendala terkait dengan jarak ke Palopo dan informasi tentang pembuatan paspor sehingga keberadaan petugas Imigrasi Palopo kami sambut baik. Kami Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Toraja Utara dan seluruh masyarakat Toraja Utara menyampaikan banyak terima kasih atas pelayanan yang diberikan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan” ujarnya.
Proses Layanan Eazy Passport di Toraja Utara berjalan lancar dan tanpa ada hambatan. Kegiatan ini juga senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan persebaran Covid-19 yang ketat.(rls)