Warning! Polres Palopo Akan Tindak Tegas Pengantar Jenazah Yang Lakukan Tindakan Anarkis di Jalanan

682

Humas Polres Palopo AKP Edi Sulistio

D Tindakan anarkis dan arogansi yang kerap dilakukan rombongan iring- iringan jenazah di jalanan, yang terjadi belakangan ini, selalu dikeluhkan masyarakat dan tak jarang keluhan tersebut di posting di media sosial khususnya grup Facebook.

Menindak lanjuti keluhan masyarakat tersebut, Polres Palopo kemudian merespon keluhan masyarakat tersebut dengan memberi “WARNING” kepada setiap kelompok masyarakat yang melakukan penjemputan jenazah untuk mematuhi aturan berlalulintas yang berlaku. Karena jalanan merupakan fasilitas umum yang juga merupakan hak pengguna lainnnya. Jika rombongan pengantar jenazah melakukan tindakan anarkis atau arogan terhadap pengguna jalan lainnya dipastikan akan dilakukan proses hukum terhadap pelaku.

Peringatan akan dilakukannya proses hukum terhadap kelompok atau perseorangan peserta iring- iringan jenazah yang melakukan tindakan anarkis di jalanan terhadap pengguna jalan lainnya tersebut, diungkap langsung oleh Kasubag Humas Polres Palopo AKP Edi Sulistio saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 8 September 2021.

“Sebelumnya perlu kita pahami kembali bahwa jalanan itu bukan milik perseorangan atau kelompok melainkan itu milik umum. Jadi jika ada masyarakat atau pengguna jalan yang mengalami tindakan anarkis oleh rombangan pengantar jenazah, disarankan untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polres Palopo atau kantor Polsek terdekat agar pelaku bisa diproses hukum,” kata Edi

Dia juga menambahkan bahwa peringatan tersebut juga telah disampaikan oleh Kapolda Sulsel melalui Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan dan bahkan telah melakukan penindakan secara hukum terhadap salah seorang rombongan pengantar jenazah di Makassar yang diduga merupakan salah satu pelaku pengrusakan mobil pengguna jalan.

“Kalau di Palopo, belum ada laporan dan tentunya juga belum ada penindakan, tapi kalau ada laporan pasti kita akan menindaknya juga seperti yang dilakukan Polsek Tamalanrea Polrestabes Makassar yang mengamankan seorang pemuda inisial MS (18) yang diduga merupakan salah seorang pelaku pengrusakan mobil pengguna jalan lainnya, Rabu (1/9/2021) lalu di Jl. Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea saat mengawal jenazah,” tambahnya sambil mengutip rilis Humas Polda Sulsel tentang penindakan tegas terhadap salah seorang rombongan pengantar jenazah yang ditahan karena anarkis di jalan.(Riawan)