Sungai Makawa Walenrang Utara Meluap, Ratusan Rumah Terendam

79

Sungai Makawa Walenrang Utara yang meluap di jalan tran Sulawesi.

PALOPOPOS.CO.ID, WALENRANG UTARA– Akibat curah hujan yang begitu tinggi sejak Rabu, 22 September 2021, membuat Sungai Makawa di Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, meluap dan merendam  ratusan umah warga.

Warga pun harus mengungsi dari banjir yang melanda wilayah ini.

Mardi salah seorang warga mengatakan, banjir ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi.

Beberapa warga ada yang tidak bisa menyelamatkan barangnya sehingga tergenang, seperti kursi, kulkas, mesin cuci, spring bed, dan lainnya. Hanya saja, belum ada konfirmasi pasti desa-desa mana yang tergenang akibat banjir tersebut dan berapa warga yang mengungsi.

Salah seorang warga, Ramli menyatakan, untuk saat ini, jalan trans Sulawesi lancar dilewati kendaraan. ”Airnya sudah surut. Saya sudah lewat menuju Malili,” katanya pagi ini.

Perlu diketahui, bahwa banjir serupa pernah terjadi di wilayah ini 13 Maret 2019 lalu.

Pada saat itu, rumah yang terendam berada di 4 desa di 2 kecamatan, yakni di Desa Bolong dan Desa Bosso Timur di Kecamatan Walenrang Utara dan Desa Pongsamelun dan Desa Topongo di Kecamatan Lamasi.

Selain merendam permukiman warga, banjir juga merusak 3 unit rumah yang berada di bantaran Sungai Makawa. Dari 3 unit rumah tersebut, satu rumah rusak parah.

Terdapat 300 rumah yang terendam akibat banjir di dua kecamatan tersebut, dan tiga unit rumah lainnya rusak akibat banjir. (riawan)