Masyarakat Tuntut Desa Persiapan Arolipu Didefenitifkan

24
Warga Arolipu saat melakukan aksi demo disepanjang jalan trans Sulawesi di Kecamatan Wotu. --akmal--

PALOPOPOS.CO.ID, WOTU– Puluhan masyarakat Arolipu Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur, Kamis 16 September 2021, menggelar orasi disepanjang jalan trans Sulawesi di Kecamatan Wotu.

Orasi tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap Pemerintah Daerah Luwu Timur dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu Timur yang belum juga mengupayakan Arolipu menjadi Desa definitif. Yang kali ini Desa Persiapan Arolipu dikabarkan gagal menjadi Desa definitif.

“Gagalnya Arolipu menjadi Desa definitif adalah sebuah penghianatan bagi warga Arolipu, dan DPMD Lutim dinilai tidak serius mengurus pemekaran,” Ungkap penanggungjawab aksi, Mail.

Ada lima (5) poin pernyataan sikap masyarakat yang dituangkan dalam aksi ini. Yakni, Keberadaan Desa Arolipu secara definitif adalah kebutuhan mendesak warga untuk percepatan pembangunan dan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, kehadiran Desa Arolipu adalah hak konstitusional masyarakat yang tidak bisa ditunda apalagi di halang-halangi.

”Kami masyarakat Arolipu meminta segera diterbitkannya nomor desa definitif Arolipu oleh Kemendagri,” katanya.

Warga menyesalkan langkah-langkah yang telah diambil Pemerintah Daerah dan Dinas PMD Lutim yang terkesan tidak fokus dan serius dalam penyelesaian persolan desa persiapan Arolipu sehingga pengurusannya selama ini terkesan hanya menghabiskan keuangan daerah tanpa memberikan hasil positif bagi masyarakat Arolipu.

”Kami masyarakat Arolipu menyesalkan sikap camat Wotu yang dianggap kurang mampu memfasilitasi pembentukan Desa Arolipu dari Desa persiapan menjadi Desa definitif,” lanjutnya lagi.

Dan, bahkan kata Mail, petinggi Pemda Lutim pernah berkata bahwa pembentukan Desa Arolipu sudah hampir memasuki babak penyelesaian karena sejumlah syarat pembentukan desa sudah terpenuhi. Tapi nyatanya, sampai hari ini Desa Persiapan Arolipu belum juga defenitif.

“Kami tidak akan berhenti menyuarakan pemekaran Arolipu menjadi Desa definitif karena hal ini adalah kebutuhan mendesak masyarakat,” tutur Mail.

Untuk sekadar diketahui, Desa Persiapan Arolipu terdiri dari dua dusun yakni Dusn Campae dan Lengkong dengan total jumlah RT 11.
Untuk Dusun Campae terdiri 4 RT dan Dusun Lengkong 7 RT. Jumlah kepala keluarga (KK) sebayak 807 atau sekitar 3.050 jiwa. (akmal)