IKABM-KIP IAIN Sosialisasi KIP Kuliah secara Virtual

55
Sosialisasi KIP Kuliah yang dilaksanakan IKABM-KIP IAIN Palopo di Aula Serbaguna IAIN, Rabu, 15 September 2021 secara virtual. --ft: samsul/mahasiswaiain

* Citizen Jurnalis
Samsul Rijal
(Mahasiswa Magang II IAIN Palopo)

PALOPOPOS.CO.ID, BALNADAI– Ikatan Keluarga Bidik Misi dan Kartu Indonesia Pintar (IKABM-KIP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, menggelar sosialisasi KIP Kuliah di Aula Serbaguna IAIN, Rabu, 15 September 2021 secara virtual.

Kegiatan ini dibuka secara Resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Palopo, Dr Muhaemin MA melalui zoom meeting.

Dalam sambutannya, Dr Muhaemin mengapresiasi kegiatan sosialisasi KIP Kuliah yang diselenggarakan ini. “Mengingat forum sosialisasi semacam ini sangat jarang ditemui,” terangnya.

Sementara itu, Ketua IKABM-KIP IAIN, Irwan dalam sambutannya, mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pengurus IKABM IAIN, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini.

Selain itu, ia juga mengatakan, situasi pandemi adalah sebuah tantangan baru dalam dunia pendidikan. Pertemuan secara virtual merupakan suatu perubahan, maka dari itu yang diharapkan adalah semua mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. “Tetap semangat para peserta KIP Kuliah tahun 2021,” ujar Irwan.

Selain dihadiri oleh Dr Muhaemin, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kemahasiswaan (KABAG) IAIN Palopo, Drs Muhammad Saleh, beberapa pihak dari akademik, serta beberapa pengurus dari IKABM IAIN, yang juga selaku pelaksana kegiatan.

Muhammad saleh saat memaparkan materi mengatakan, beasiswa KIP kuliah adalah sebuah program pemerintah yang digelontorkan untuk para siswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi.

Lanjut Saleh, dalam mengikuti seleksi penerimaan beasiswa ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti, mampu secara akademik namun tidak secara ekonomi, memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sejahtera (KIS), ataupun Program Keluarga Harapan (PKH).

Pada akhir penyampaiannya ia mengatakan, IAIN Palopo tahun ini memperoleh kuota sebanyak 155 penerima. Namun secara keseluruhan, penerima beasiswa yang ada di IAIN Palopo, sekitar 554 mahasiswa.

“Kalau keseluruhan penerima beasiswa ini kita uangkan, bayangkan betapa banyaknya bantuan dari pemerintah untuk IAIN Palopo,” ucapnya.

Setelah pemaparan materi berakhir, dialog interaktif sempat terjadi, dan berbagai pertanyaan timbul dari para peserta melalui virtual Zoom. Akan tetapi, semuanya mampu di jawab dengan baik oleh pihak akademik yang hadir.

Kegiatan ini berjalan dengan baik, mulai dari pembukaan oleh MC hingga penutupan acara oleh moderator.

Meskipun terdapat beberapa kendala saat kegiatan berlangsung, namun hal tersebut mampu diteknisi oleh pihak pelaksana kegiatan. Untuk diketahui, Kegiatan sosialisasi KIP kuliah tahun 2021 diakhiri dengan sesi foto bersama. (ikh)