Harus Naik Pesawat Saat Pandemi? Berikut Tips Supaya Tetap Aman

15

PALOPOPOS.CO.ID– Menuju akhir tahun dan menyambut masuknya musim liburan, selalu jadi momentum yang paling ditunggu. Banyak dari kita yang sudah mengatur agenda liburan sejak jauh hari bersama teman, keluarga, atau sendiri. Pastinya Anda juga sudah punya wishlist destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi di musim liburan tahun ini. Namun, di tengah pandemi yang belum usai, Anda tetap perlu menyiapkan segala kebutuhan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan Anda saat bepergian. Ada beberapa hal yang bisa Anda siapkan, mulai dari kondisi kesehatan hingga disiplin dengan protokol kesehatan.

Ada beberapa moda transportasi yang bisa Anda pilih untuk bepergian, seperti angkutan darat, laut, atau udara. Apabila Anda ingin berlibur atau bepergian dalam jarak jauh, moda transportasi pesawat terbang menjadi pilihan yang tepat. Selain menghemat waktu dan tenaga, Anda juga akan merasa lebih aman dan nyaman. Maskapai penerbangan yang bisa Anda pilih adalah Garuda Indonesia. Maskapai penerbangan terbaik di Indonesia ini memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan saat bepergian di masa pandemi. Maskapai ini memasang HEPA Filter di dalam pesawat yang bisa menyaring partikel virus dan bakteri. Anda bisa memesan tiket Garuda Indonesia melalui Traveloka. Selain itu, agar Anda merasa semakin nyaman dan aman bepergian dengan pesawat, simak beberapa tips berikut yang bisa Anda terapkan.

Jaga Kesehatan Anda

Sebelum mulai bepergian dengan pesawat, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kesehatan. Kondisi tubuh yang prima dan kesehatan yang baik akan membuat Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit. Anda bisa menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan. Apabila Anda merasa kurang fit, sebaiknya Anda menunda kegiatan di luar rumah. Kondisi kesehatan yang menurun membuat imunitas Anda menjadi lebih lemah dan lebih rentan terkena penyakit. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan swab test atau rapid test untuk memastikan bahwa Anda bebas dari virus covid-19.

Pesan Tiket Pesawat Secara Online

Tips selanjutnya adalah dengan memesan tiket pesawat secara online. Saat ini, sudah ada banyak platform pemesanan tiket seperti Traveloka yang bisa membantu mengatur perjalanan Anda. Pemesanan tiket secara online memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah lebih leluasa dalam menentukan jadwal keberangkatan, minim kontak fisik, menghindari antrian, mendapat perlindungan tambahan, serta bisa memesan produk tambahan lain. Anda bisa memesan tiket Garuda Indonesia melalui Traveloka dan menggunakan layanan online check-in. Dengan begitu, Anda tidak perlu antri di loket check-in jika tidak menggunakan bagasi pesawat dan bisa memesan produk tambahan seperti makanan dan minuman.

Pilih Kursi Dekat Jendela

Tips berikutnya adalah memilih kursi yang berada dekat jendela pesawat. Ketika memesan tiket pesawat secara online, Anda bisa memilih kursi yang Anda inginkan. Memilih kursi yang berada di dekat jendela bisa mengurangi kontak fisik dan tetap menjaga jarak aman dengan penumpang lain. Meskipun ada pembatasan kapasitas penumpang, namun tetap mungkin ada penumpang yang berlalu lalang di dalam kabin pesawat, baik dengan alasan pergi ke toilet maupun ketika mencari tempat duduknya. Posisi duduk di dekat jendela membuat posisi Anda tidak berdekatan dengan jalur penumpang di kabin dan tidak akan ada penumpang lain yang melintas melalui Anda. Dengan menjaga jarak aman, Anda bisa merasa lebih nyaman dan aman di dalam pesawat.

Gunakan Kereta Bandara

Setelah melakukan pemesanan tiket pesawat secara online, selanjutnya adalah menentukan transportasi yang Anda gunakan untuk ke bandara. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum menuju bandara, namun pastikan Anda sudah memperkirakan jarak dan waktu di perjalanan. Tentu Anda tak ingin ketinggalan pesawat karena terjebak macet di jalan. Untuk itu, transportasi yang bisa Anda pilih adalah kereta bandara. Saat ini, sebagian bandara sudah terintegrasi dengan angkutan kereta bandara yang berhenti di beberapa stasiun umum. Kereta bandara memiliki waktu tempuh dan jadwal yang tetap, sehingga Anda tidak akan terlambat tiba di bandara. Kereta bandara juga menjamin kenyamanan dan kebersihan dalam perjalanan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti pemasangan sekat antar kursi penumpang. Anda bisa memesan tiket kereta bandara melalui Traveloka.

Gunakan Masker dan Bawalah Hand Sanitizer

Tips selanjutnya yaitu Anda perlu menyiapkan dua barang wajib yang satu ini. Anda harus selalu menggunakan dan membawa masker cadangan selama dalam perjalanan menggunakan pesawat. Sebaiknya Anda menggunakan masker KN95 atau masker medis yang dilapisi dengan masker kain. Selama berada dalam pesawat, pastikan Anda tidak melepas masker dan hindari menyentuh masker atau area wajah. Selain itu, Anda juga harus membawa hand sanitizer. Anda bisa mengurangi kontak fisik saat di dalam pesawat dengan tidak sering menyentuh kaca, pintu, atau pegangan lain. Namun, jika Anda terpaksa melakukan kontak fisik, segeralah gunakan hand sanitizer.

Menjaga Kebersihan

Selama dalam perjalanan dengan pesawat, tentunya ada kontak fisik yang tak bisa dihindari, baik sengaja atau tak sengaja. Misalnya saja menyentuh bagasi, kabin pesawat, kursi, kaca jendela, dan tiket pesawat. Oleh sebab itu, Anda harus rutin menggunakan hand sanitizer dan juga bisa menyemprotkan disinfektan ke kursi, jendela, maupun benda lain di dalam pesawat yang bersentuhan dengan Anda. Setelah sampai tujuan, Anda juga bisa segera mengganti pakaian dan membersihkan diri Anda. Pastikan pakaian yang Anda gunakan sudah Anda simpan di tempat yang terpisah.

Nah, itulah beberapa tips agar tetap aman dan nyaman saat bepergian dengan pesawat. Anda bisa memilih Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan dan menggunakan kereta bandara. Anda bisa memesan tiket pesawat dan kereta bandara melalui aplikasi Traveloka secara online. Anda juga bisa mendapatkan promo menarik dan pastinya aman terpercaya. (rls)