Basmin Harap Ada Database Anak Usia Dini

15

Bunda PAUD Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Hakim SH. M.Si mengukuhkan Bunda PAUD 22 Kecamatan dan menyematkan selempang.

* 22 Bunda PAUD Kecamatan Dikukuhkan

PALOPOPOS.CO.ID, BELOPA– Bertempat di aula rumah jabatan Bupati Luwu di Pammanu Belopa Utara Selasa (21/9) dilaksanakan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Sosialisasi Penguatan Kapasitas Bunda PAUD tingkat kecamatan, desa se- Kabupaten Luwu. Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd.

Dalam sambutannya Bupati Luwu Basmin Mattayang mengungkapkan seorang Bunda PAUD memiliki peran menghadirkan generasi emas untuk pelanjut pembangunan sebuah bangsa.

“Bunda itu adalah Ibu. Berarti Bunda PAUD itu yang menangani pendidikan usia dini. Kenapa ibu? karena ibu sangat dekat dengan anak dan pendidikan informal sangat ditentukan oleh sosok ibu. Dan kesuksesan anak juga sangat tergantung peran dan tanggung jawab seorang ibu. Negara memahami itu dan membuat undang-undangnya karena amat penting menghadirkan generasi berkualitas, ” ungkap Basmin.

Basmin Harap Ada Database Anak Usia Dini

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang M.Pd dan Bunda Paud Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Hakim SH, M.SI foto bersama 22 Bunda PAUD Kecamatan se Kab Luwu. –andrie islamuddin–

Basmin mengatakan, Bunda PAUD Kecamatan ini melekat pada istri pejabat Camat. Untuk itu Bunda PAUD Kecamatan
harus peduli terhadap keadaan anak di kecamatan dan di desa/kelurahan.

“Saya berharap perlu ada database anak di kecamatan termasuk yang baru lahir maupun yang tumbuh kembang. Database ini memudahkan Dinas Pendidikan Luwu untuk mengelola pendidikan anak usia dini. Saya juga berharap komitmen kepala desa mendorong program PAUD di desanya. Misalnya Kades bisa lewat anggaran dana desa mengupayaka ruang Belajar dan Taman Pendidikan anak usia dini dengan dibantu Bunda PAUD kita laksanakan pembinaan anak, ” kata Basmin.

Basmin menambahkan, demi menghadirkan anak atau generasi yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlaq mulia, Bunda PAUD juga harus membantu menyukseskan program Keluarga Berencana.

“Program Keluarga Berencana sangat efektif menghadirkan generasi sehat, cerdas, ceria dan berakhlaq mulia dan itu bisa dilaksanakan dalam lingkungan keluarga. Program KB sangat baik, misalnya dalam menekan angka kelahiran anak sehingga orang tua bisa lebih fokus dan lebih optimal dalam membina keluarga,” kata Basmin.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Bunda PAUD Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Hakim SH, M.Si melakukan pengukuhan 22 Bunda PAUD tingkat kecamatan se- Kabupaten Luwu.

“Kita sangat berkeinginan menghadirkan generasi emaa. Saya berharap Bunda PAUD dapat melaksanakan Tupoksinya usai dikukuhkan seperti harapan Bupati Luwu. Pula dapat memotivasi masyarakat untuk menyediakan layanan pendidikan dini yang berkualitas dan dapat menumbuhkan semangat layanan PAUD yang berkualitas diwilayahnya masing-masing, ” kata Hayarna. (andrie islamuddin)