Akselerasi Digipay, KPPN Gandeng BRI Palopo

61
KEPALA KPPN Palopo Ikhwan Mahmud (kiri) menggelar sosialisasi Akselerasi Transformasi Ekonomi menuju Era Digital, yang diinisiasi BRI Cabang Palopo bekerjasama dengan KPPN Palopo, Kamis 16 September 2021, di Aula KPPN Palopo.

PALOPO — KPPN Palopo menggelar sosialisasi Akselerasi Transformasi Ekonomi menuju Era Digital, yang diinisiasi BRI Cabang Palopo bekerjasama dengan KPPN Palopo, Kamis 16 September 2021, di Aula KPPN Palopo.
Kegiatan yang dihadiri sekitar 30 Bendahara Pengeluaran tersebut dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat. ”Tujuan sosialisasi untuk memberikan edukasi kepada satker mitra kerja mengenai perkembangan transformasi digital sektor perbankan. Pemerintah pun telah mengantisipasi dinamisnya perkembangan digitalisasi, salah satunya melalui penerapan Digital Payment-Marketplace atau disingkat Digipay,” ujar Kepala KPPN Palopo, Ikhwan Mahmud.
Lanjutnya, Digipay merupakan sebuah platform untuk memfasilitasi pelaksanaan transaksi belanja operasional pemerintah melalui sebuah marketplace yang dibangun oleh Bank Himbara, termasuk BRI, bekerjasama dengan Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.
Pihak KPPN Palopo menyampaikan sosialisasi mengenai aspek regulasi dan teknis transaksi melalui Digipay. Implementasi Digipay dimulai dari proses pendaftaran user, pendaftaran merchant UMKM (penyedia barang/jasa), dan proses transaksi belanja dan pembayaran. ”Keseluruhan proses dilaksanakan secara digital melalui sistem sehingga lebih memudahkan dan efisien bagi satker,” ujar kepala KPPN Palopo yang dikenal hoby naik sepeda.
Narasumber dari BRI menyampaikan informasi layanan perbankan BRI serta tata cara penggunaan fasilitas perbankan yang menjadi pendukung sistem Digipay, antara lain Cash Management System (CMS) dan Virtual Account. Selain itu disampaikan komitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam membantu implementasi Digipay pada satker.
Untuk mendukung akselerasi transformasi digital, khususnya di sektor pemerintahan, seluruh pihak yang hadir, baik KPPN, BRI, dan satker mitra kerja berkomitmen untuk memberikan sinergi terbaik.(rls/ary)