Bupati Lutim di Depan Cakep, Pesannya Sangat Menyentuh

26

Bupati Lutim Budiman saat beri sambutan di acara Pelatihan Cakep di Hotel Ilagaligo, Jumat, 17 September 2021. –kominfo–

PALOPOPOS.CO.ID, MALILI– Ada pesan khusus Bupati Luwu Timur Budiman di depan para calon kepala sekolah.

Menurut Budiman, jika ingin daerah maju, janganlah saling menjatuhkan. Apalagi, katanya, dilakukan hanya untuk mendapatkan sebuah jabatan.

”Di era ini, yang dibutuhkan itu kolaborasi saling menopang,” katanya saat membuka Pelatihan Calon Kepala Sekolah (Cakep) yang dilaksanakan BKPSDM di Hotel Ilagaligo Malili, Jumat, 1 September 2021.

Budiman mengatakan, seluruh peserta Calon Kepala Sekolah ini adalah calon pemimpin. ”Karena belum jadi Kepala Sekolah, saya minta jangan cari kesalahan Kepala Sekolah. Tapi, mari kita doakan dia. Kita bantu sehingga bisa berkinerja dengan baik,” bebernya.

Budiman mengatakan, tunjukkan bahwa diri Anda memang pantas . ”Pantas dari segi akhlak, pantas juga dalam kapasitas. Sebab, jabatan itu adalah takdir. Jika memang sudah ditakdirkan Anda menjadi pemimpin, rezeki itu tidak akan lari kemana,” beber Budiman.

Ditambahkan, seseorang itu dikatakan baik bukan dirinya yang menyampaikan. Tapu, justru orang lain yang bercerita.

”Makanya, membangun kebersamaan, saling berkoordinasi itu hal mutlak untuk dilakukan,” kata Budiman .

Bupati Lutim juga bangga dalam Pelatihan Calon Kepala Sekolah ini lebih banyak peserta kaum perempuannya. Ini menandakan Pemberdayaan Wanita yang dilakukan selama ini berhasil.

”Memang tidak ada Nabi itu dari kaum perempuan. Tapi, semua Nabi lahir dari rahimnya perempuan. Jika kita berikan kesempatan kepada kaum wanita untuk jadi Pemimpin , jadi kepala sekolah saya yakin hasilnya akan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Makanya, Budiman mengingatkan janganlah saling menarik ke bawah tapi mari saling mendorong ke atas. Sebab, sinergitas dan kolaborasi sangat dibutuhkan dalam pengembangan sumber daya manusia.

Ia pun melihat, di tangan peserta Cakep ini akan menentukan masa depan Luwu Timur. Sebab itu, pelatihan kali ini harus membawa perubahan minimal dampaknya ini sepanjang masa buat anak-anak nanti.

Selain Bupati, Pelatihan Calon Kepala Sekolah ini dihadiri Kepala Dinas BKPSDM Kamal Rasyid , Kadis Pendidikan Labesse , Kepala Lembaga Penjamin Mutu, Halim Muharam, dan sejumlah Supervisor yang akan melatih para Calon Kepala Sekolah Luwu Timur . (karim)