Seleksi Uji Kompetensi Guru PPPK Diikuti 1.215 Peserta, Ombas: Moga Lulus Semua

409

Bupati Torut Yohanis Bassang saat memantau lab komputer tempat uji kompetensi di SMAN 2 Toraja Utara, Senin, 13 September 2021. –albert tinus–

PALOPOPOS.CO.ID, RANTEPAO– Pemerintah Kabupaten Toraja Utara (Pemkab Torut) melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Toraja Utara melaksanakan tes uji kompetensi (TUK) bagi calon PPPK.

Seleksi uji kompetensi guru ASN PPPK tahun 2021 dilaksanakan di dua lokasi yakni SMAN 2 Toraja Utara dan SMAN 1 Toraja Utara. Diikuti sebanyak 1.215 peserta yang berlangsung Senin,13 September 2021.

Peserta yang mengikuti seleksi di SMAN 2 Toraja Utara sebanyak 600 peserta. Ada empat ruangan tempat seleksi berlangsung dan dalam 1 ruangan diisi 25 peserta,1 sesi 100 peserta dibagi 2 sesi setiap hari  selama 4 hari berturut-turut. Dan di SMAN 1 sebanyak 615 peserta.

Bupati Toraja Utara ,Yohanis Bassang, S.E., M. Si, saat usai memantau tes uji kompetensi PPPK katakan Kepada Panitia Seleksi Daerah (Panselda) PPPK Kabupaten Toraja Utara dan kepada peserta ujian tes PPPK ,saya menginstruksikan, agar harap pelaksanaan tes ini berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Seleksi Uji Kompetensi Guru PPPK Diikuti 1.215 Peserta, Ombas: Moga Lulus Semua

Kadis Pendidikan Torut Yeremia MT. Marewa bersama Kepsek SMAN 1 Torut, Yulius Lamma Bangke dan para Panitia di SMAN 2 Torut, Senin, 13 September 2021. –albert tinus–

“Bagi peserta yang mengikuti tes diharap lulus semua dan jangan lupa senantiasa berdoa disertai bekerja dan berusaha secara maksimal agar hasil yang diperoleh memuaskan, selamat melaksanakan ujian Tuhan Beserta Kita”, beber Yohanis Bassang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara Yeremia TM Marewa ditemui di lokasi seleksi SMAN 2 Torut mengatakan kesiapan dalam pelaksanaan seleksi di SMAN 2 dan SMAN 1 ini cukup baik ,sudah melakukan persiapan sesuai aturan yang ditetapkan  panitia dari pusat Kemendikbud untuk tes PPPK .

“Untuk sarana prasarana yang digunakan dalam protokol kesehatan Covid 19 pihak sekolah menyediakan sabun, tempat cuci tangan , Hand sanitizer ,pengukur suhu tubuh itu disiapkan semua di sekolah dan melibatkan satgas Covid sekolah dan juga kita kerja sama dengan dinas kesehatan untuk memberikan anggotanya mendampingi satgas di sekolah dalam pelaksanaan tes PPPK ini. Ujar Kadis Pendidikan Torut.

Lebih lanjut Kadis Pendidikan katakan ,Tes PPPK ada 3 tahapan yang akan dilaksanakan , dimana tahap 1 dan 2 dikhususkan untuk guru PPPK yang ada di Toraja Utara .kemudian tahap ke 3 nanti baru bisa dimasukkan pendaftar dari luar daerah .

“Tes PPPK ini memang diharapkan seandainya mungkin lulus semua guru yang ada di daerah kita bisa lulus ,namun ada hal yang tidak akan memungkinkan semua karena kouta yang disiapkan dari pusat itu ada yang kurang pendaftarnya , ada yang lebih dimana kouta kita ada 1.094 ,misalnya yang disiapkan PJOK Olahraga 100 kouta yang diberikan tetapi pendaftarnya hanya sedikit karena tidak ada guru dan alumni yang tersedia .Terang Yeremia.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Sekolah SMAN 2 Toraja Utara Drs. Yulius Lamma Bangke sekaligus penanggung jawab tempat uji kompetensi katakan saya sangat bersyukur ditunjuk dari Provinsi untuk tempat pelaksanaan uji kompetensi guru PPPK. sebelumnya di bulan Agustus kami diberitahu bahwa sekolah kami akan di tempati untuk tes uji kompetensi PPPK , dan kami dari awal sudah mempersiapkan ,lalu kami mendapatkan sosialisasi dari dinas pendidikan provinsi dan Dirjen P d K dari pusat bahwa kami harus siap untuk seluruh infrastruktur terutama pencegahan penularan Covid 19 ,untuk mencegah klaster baru sehingga pemeriksaan dilakukan dengan ketat.

“Kami sudah mempersiapkan dengan baik  tes ini ,dimana komputer kami siapkan sinkronisasi sampai tadi malam kami bekerja sampai tengah malam ,dimana ruangan ada 9 yang digunakan SMAN 2 ditambah 1 ruangan isolasi jadi total 10 ruangan ,rinciannya 4 ruangan tunggu ,4 ruangan lab komputer yang semua berisi 25 peserta. dan 1 ruangan khusus panitia baik yang pengawas utama maupun dinas pendidikan sebagai wakil di Kabupaten Toraja Utara dan saya sebagai penanggungjawab sudah sepakat untuk melaksanakan dengan baik pelaksanaan tes uji kompetensi PPPK ini semoga berhasil dengan baik,” kata Yulius .

Ditambahkan Kepala Sekolah SMAN 1 Toraja Utara ,Drs.Haji Husein ,M.Pd ,terkait tes uji kompetensi (TUK) di sekolah tersebut katakan SMAN 1 sebagai pelaksana TUK yang dilaksanakan hari ini sampai haru jumat tentu seluruh rangkaian dan tahapan kami lalui dari awal hingga akhir ,dan terakhir saya sama pak Kadis Pendidikan dipanggil chek final di dinas pendidikan provinsi sulsel untuk siap melaksanakan seleksi kompetensi PPPK jabatan guru di Toraja Utara .

“Alhamdulilah pada hari terlaksana dengan baik walaupun masih ada dua orang yang tidak ikut ,yang pertama karena positif berdasarkan hasil rapid tes antigen dan satunya meninggal orang tuanya, sehingga di sesi satu yang hadir 98 peserta,” kuncinya. (albert