11 PPKD Puncak Indah Lutim Dilantik, Ini Tugasnya

16

Suasana saat pelantikan PPKD Puncak Indah.

PALOPOPOS.CO.ID, MALILI— Sebelas orang Panitia Pilihan Kepala Desa (PPKD) Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur dilantik dan diambil sumpahnya.

Pelantikan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Puncak Indah, Selasa 14 September 2021 ini, dilakukan langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Puncak Indah, Rijal.

Dalam arahannya, Rijal mengatakan, Panitia Pilihan Kepala Desa serentak 2021 ini, adalah mereka yang berasal dari unsur masyarakat dan aparat Desa Puncak Indah.

Untuk itu dengan dilantiknya para PPKD ini, maka diharapkan agar segera bersiap untuk memulai melaksanakan pekerjaan sesuai tahapan Pilkades yang telah ada. Selain itu Rijal juga berharap agar para PPKD ini dapat bekerja dengan jujur, adil, dan cemat.

Sementara itu, Sekertaris Desa Puncak Indah, Basri, mengatakan, pemilihan kepala desa serentak kali ini akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

Sehingga dengan waktu kerja yang tergolong singkat ini maka diharapkan para PPKD untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan baik.

“Bulan September ini masuk dalam tahapan pemutahiran data pemilih, bulan Oktober penjaringan bakal calon dan penetapan, serta di bulan November pemilihan serta penerapan pemenang Pilkades,” ungkap Basri.

Dalam melaksanakan tugas, lanjut Basri, para PPKD harus bekerja transparan, jujur serta harus menjaga kredibilitas sebagai panitia Pilkades, tapi yang paling utama adalah adil kepada semua golongan masyarakat.

Selain itu panitia juga diharapkan mampu bekerja seperti rantai, jika ada satu yang putus namun masih tetap terhubung dan tidak bercerai berai melainkan kompak. Serta dapat bekerja keras, cerdas dan tuntas, ujarnya.

Dan yang paling penting lagi dalam pelaksanaan Pilkades ini, kata Basri, yaitu panitia juga harus memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat. Agar masyarakat tahu dan memahami tahapan tahapan dan waktu pelaksanaan Pilkades itu sendiri. Ini penting demi terciptanya keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat. (akmal)