Akselerasi Digipay-Marketplace, KPPN Palopo sinergi dengan BRI

72

PALOPO — Modernisasi pengelolaan keuangan negara terus bergulir. Terkini pemerintah melalui Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan berkolaborasi dengan Bank Himbara (BRI, Mandiri, BNI, BTN) melahirkan sistem Digital Payment-Marketplace atau disingkat Digipay.

Sebuah sistem yang memungkinkan entitas satker pemerintah (pusat) melakukan transaksi belanja kebutuhan operasional melalui sistem tersebut, sesuai alokasi anggaran yang tersedia di dalam DIPA masing-masing.
Setiap satker pengelola dana APBN yang memiliki fasilitas Kartu Kredit Pemerintah (KKP) atau Virtual Account yang dilengkapi CMS didorong untuk mendaftar serta mengutamakan transaksi belanja melewati sistem Digipay. Selain bertransaksi, satker juga dapat menginput merchant UMKM di wilayah masing-masing sehingga memperluas pasar bagi UMKM lokal.
Karena implementasinya masih baru, perlu upaya edukasi ke berbagai pihak terkait, antara lain satker dan UMKM. Dengan latar belakang tersebut, KPPN Palopo menggandeng BRI Cabang Palopo menyelenggarakan webinar pada tanggal 28 Juli 2021 dengan topik “Akselerasi Digipay-Marketplace di Wilayah Luwu Raya”. Webinar tersebut dihadiri sekitar 50 peserta dari satker mitra KPPN Palopo maupun BRI.
Kepala KPPN Palopo, Ikhwan Mahmud, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi UMKM, termasuk di wilayah Luwu Raya, saat ini masih mengalami tantangan berat dengan masih hadirnya Covid-19. Dengan sistem Digipay, diharapkan UMKM dapat bangkit, melalui akselerasi transaksi belanja pemerintah dalam sistem Digipay.
Pihak BRI Cabang Palopo berkomitmen menyukseskan implementasi Digipay-Marketplace, antara lain melalui penyelesaian permasalahan sistem yang dialami oleh satker, sehingga transaksi dapat berjalan lancar.
Kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut berhasil memberikan pencerahan bagi para pengelola keuangan satker mitra kerja KPPN Palopo, ditandai dengan antusiasme untuk segera melakukan pendaftaran user melalui KPPN Palopo. Tercatat 4 satker tercepat telah menyelesaikan pendaftaran pasca webinar, yakni: Pengadilan Agama Masamba, Pengadilan Agama Palopo, Pengadilan Agama Belopa, dan Stasiun Meteorologi Andi Jemma Luwu Utara. BRI Cabang Palopo memberikan apresiasi berupa BRIZZI kepada para satker tercepat menyelesaikan proses registrasi user.

Tugas besar bagi setiap entitas pemerintahan untuk berkolaborasi, agar UMKM di wilayah Luwu Raya dapat segera bangkit, salah satunya melalui akselerasi belanja pemerintah melalui sistem Digipay.(rls)