Warga Tetap Laksanakan Salat Id di Masjid

10
Ribuan jemaah Masjid Agung Palopo saat melaksanakan Salat Iduladha, Selasa 20 Juli 2021, kemarin. RAHMI/PALOPO POS

* Meski Ada Keputusan Wali Kota Melarang

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO — Mayoritas masyarakat tetap melaksanakan Salat Iduladha di masjid-masjid di Kota Palopo. Meskipun sudah ada keputusan Pemkot Palopo melalui Wali Kota Palopo, HM Judas Amir yang meminta agar dilaksanakan di rumah masing-masing.

Beberapa masjid yang terpantau Palopo Pos tetap dipenuhi jemaah Salat Id adalah Masjid Agung Palopo.

Dari pantauan Palopo Pos, Selasa pagi 20 Juli 2021, ribuan jemaah tetap datang dan melaksanakan Salat Iduladha. Kumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid mengagungkan Asma Allah terus menggema di masjid terbesar di Kota Palopo ini. Hanya saja, jumlah jemaah yang datang tidak sebanyak di saat Salat Id tahun-tahun sebelumnya.

Pada shaf laki-laki tidak penuh, sedangkan shaf wanita mengisi teras masjid dan juga sebagian di pelataran Masjid Agung.
Meski demikian antusias jamaah untuk melaksanakan Salat Iduladha tetap tinggi, dimana sebelumnya warga sebagian kecewa dikarenakan diperintahkan untuk Salat Id di rumah.

Mahmud, salah seorang warga yang ditemui di Masjid Agung sangat senang karena Masjid Agung melaksanakan Salat Id.

”Sebelumnya kami kecewa karena ada surat edaran Salat Iduladha di Masjid Agung ditiadakan. Tetapi setelah mengecek pagi-pagi sekali ke Masjid Agung, ternyata melaksanakan Salat Id kami sangat senang sekali,” ujarnya pagi kemarin.

Bertindak sebagai Imam Salat Iduladha yakni H Baharuddin. Dan khatib Habib Faisal.

Dalam ceramahnya, Habi Faisal menekankan mengenai pengorbanan cinta hamba Allah. Dimana pengorbannan cinta Nabi Ibrahim dikaitkan dengan kehidupan keluarga.

”Kisah Nabi Ibrahim, kita mendapatkan tiga spirit pengorbanan cinta. Yakni pengorbanan seorang suami, Nabi Ibrahim, pengorbanan seorang istri adalah Hajar, dan pengorbanan seorang anak adalah Nabi Ismail,” jelasnya.

Selain itu, sejumlah masjid di komplek perumahan juga tetap menggelar Salat Id. Beberapa tenda bahkan disiapkan untuk menampung jemaah yang tidak kebagian tempat di dalam aula utama masjid.

Seperti di Masjid Bani Graha Jannah, Kelurahan Songka. Warga yang salat tetap mengenakan masker. Oleh pengurus masjid juga telah menyiapkan masker bagi jemaah yang tidak membawanya. Adapun shaf antarjemaah juga dilakukan dengan tetap menjaga jarak. (rhm/idr)