Wabup Torut Terima secara Simbolis Bantuan PIP dari Anggota DPR-RI Eva Stevany Rataba

541
Wabup Torut, Frederik V Palimbong saat menerima secara simbolis bantuan program PIP dari Anggota DPR RI, Eva Stevany Rataba di ruang kerja Wabup, Jumat, 30 Juli 2021. --ft: humas/torut

PALOPOPOS.CO.ID, RANTEPAO– Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V Palimbong ST menerima kunjungan Anggota DPR-RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rabata untuk memberikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di ruang kerjanya, Jumat ,30 Juli 2021.

Bantua PIP tersebut melalui jalur aspirasinya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara (Torut) yang diterima secara simbolis oleh Wabup.

Wabup Frederik mengucapkan terima kasih kepada Eva Stevany yang memberikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada Pemkab Toraja Utara dan semoga ini menjadi berkat untuk kabupaten kita khususnya di dunia pendidikan.

“Kita tentu sangat berterimaksi beliau datang mendukung program-program kita, dan beliau juga membantu melalui jalur aspirasi khusus untuk PIP kepada peserta didik sebanyak 1.900 penerima PIP. Kemudian ada lagi yang diusulkan sebanyak 3.800 ,lalu perpustakaan kita tinggal menyiapkan lahan supaya beliau bisa mengajukan untuk membantu mengajukan pembangunan di daerah ini,” ungkap Wabup Torut.

Wabup juga katakan selain bantuan PIP dan perpustakaan, Eva juga membantu memperjuangnkan sarana olahraga dan pariwisata.

“Selain PIP dan perpuatakaan, Ibu Eva juga membatu beberapa di bidang olahraga seperti itulah kita harapkan perwakilan-perwakilan kita yang duduk di DPR RI, agar ada komunikasi, ada sinergi yang baik antara DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara,” tandas Wabup.

Sementara itu, Eva Stevany dalam sambutannya mengatakan atas nama Anggota DPR RI dan secara pribadi mengatakan terima kasih atas penyambutan yang hangat dari Pemkab Toraja Utara.

“Tujuannya kami hadir ditempat ini ,adalah sebagaimana untuk menyalurkan bantuan melalui jalur aspirasi Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa-siswi kita di Kabupaten Toraja Utara baik tingkat SD, SMP, dan SLTA sederajat. Selain itu di pusat kami akan terus mengawal setiap usulan Pemerintah Daerah yang ada di dapil kami, dan tentunya ini semua membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk menjalankan tugas ini sebagai wakil rakyat”, ucapnya.

Masih kata ESR (Eva Stevani Rataba), tujuan utama kedatangannya adalah bagaimana memajukan sektor pendidikan di kabupaten Toraja Utara dan di seluruh dapilnya. Pada tahun 2020 kemarin, mendapatkan bantuan PIP sebanyak 23 ribu. Tetapi untuk tahun 2021 hanya mendapatkan bantuan 9 ribu lebih yang terbagi menjadi tiga SK.

Yaitu SK pemberian sebanyak 5.021 siswa, SK Nominasi sebanyak 4.541 total 9.562 untuk SK Reject 3.845 siswa oleh karena itu di himbau kepada Dinas Pendidikan dan para kepala sekolah untuk senantiasa mengupdate data dapodiknya karena ini menjadi acuan untuk pengusulan data PIP.

“Selain PIP, kita juga mengupayakan dan berharap di tahun 2023 bantuan bangunan Perpustakaan sudah terbangun dan kendala saat ini adalah belum adanya tanah hibah untuk membangun banguna tersebut sehingga diharapkan Pemkab Toraja Utara segera menyiapkan tanah hibah untuk membangun bangunan tersebutn” harap Eva.

Dalam kegiatan penyerahan tersebut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara Harun Rante Lembang bersama Erni Denma Pali dari fraksi Nasdem dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara, Yermia T.M Marewa. (alb)