Tengah Malam Nanti, Pendaftaran CASN Ditutup

50
ILUSTRAS

* Minat jadi Abdi Negara Sangat Tinggi

PALOPO — Tengah malam nanti, tepat pukul 23:59 Wita, penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) resmi ditutup. Minat pelamar menjadi calon abdi negara ini, sangat tinggi. Jumlah yang mendaftar pun jutaan orang.
Pelamar CPNS tercatat sebagai yang terbanyak menjelang penutupan pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN), dibandingkan PPPK 2021 yang pesertanya belum sampai satu juta orang.

Menurut Direktur Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (BKN) Heni Sri Wahyuni, pelamar CPNS 2021 terbanyak di Kemenkumham. Menariknya, pelamarnya didominasi lulusan SMA.

“Persaingan CPNS 2021 akan ketat karena jumlah pelamar yang terdaftar per 23 Juli sudah 3 juta orang,” kata Heni Sri, Sabtu 24 Juli 2021, pekan lalu.
Heni menyebutkan, jumlah pelamar CPNS yang sudah mengisi formulir per 23 Juli pukul 12.00 WIB mencapai 3.041.135. Sedangkan yang telah submit ada 2.111.389 orang.

Dari jumlah tersebut, katanya, yang paling banyak pelamarnya adalah di Kemenkumham dan mayoritas dari mereka lulusan SMA. “Kemenkum HAM paling diminati lulusan SMA sebagai sipir,” ujar Heni.
Selain itu, ada juga instansi BIN, Kejagung, dan Kemenhub yang membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK sederajat.

Walaupun pelamar CPNS 2021 mencapai 3 jutaan orang, tetapi jumlah tersebut sedikit berkurang dibandingkan tahun lalu. Di mana saat pendaftaran CPNS 2019/2020 pelamarnya 4 juta orang.

“Tahun ini formasi yang disiapkan 700 ribu lebih di mana 520 ribu lebih adalah guru. Namun, pelamarnya tidak terlalu banyak,” kata Heni.
Dia menduga minimnya jumlah pelamar karena berkaitan dengan pandemi Covid-19. Ditambah lagi dengan adanya PPKM Darurat yang membuat pengurusan berkas menjadi terhambat.

Heni mencontohkan untuk pengurusan STR bagi tenaga kesehatan menyulitkan para pelamar karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat.
Meski demikian dia mendorong para pelamar untuk segera mendaftar karena waktu tinggal empat hari lagi. Sedangkan yang sudah mengisi formulir segera melakukan submit.

“Jangan dekat-dekat penutupan baru mendaftar karena prediksi kami jumlah pelamar akan melonjak saat pendaftaran akan ditutup,” tandasnya.

Daerah

Di daerah, pelamar yang ingin menjadi PNS juga sangat banyak. Seperti di Kota Palopo, dari hanya 64 formasi yang akan diterima. Yakni, tenaga kesehatan 49 formasi, dan teknis 15 formasi, tetapi antusias pelamar sangat ramai. Sampai ribuan pelamar.

Adapun formasi untuk Tenaga Kesehatan, dimulai dari apoteker, dokter gigi, epidemologi kesehatan, kesehatan masyarakat, ners, kesehatan lingkungan, kebidanan, keperawatan, perekam medis, analis kesehatan, dan kesehatan lingkungan.

Untuk tenaga teknis, ada administrasi negara, arsitek, ilmu pemerintahan, transportasi darat, manajemen akuntansi, tehnik informatika, psikologi, akuntansi, manajemen, dan hukum.

Dikatakan Kepala BKPSDM Palopo Farid Kasim Judas melalui Kabid Pengadaan, Mutasi, dan Informasi, Hamka SE, sampai Sabtu 24 Juli 2021, jumlah pendaftar yang sudah submit (mendaftar online) sebanyak 1.500-an orang.

Selain mendaftar online, panitia penerimaan CASN Pemkot Palopo juga mewajibkan pelamar mengirimkan berkasnya secara fisik ke BKPSDM.
“Untuk penerimaan berkas fisik kita masih ratusan ini. Kemungkinan akan banyak datang jelang penutupan pendaftaran 26 Juli 2021,” kata Hamka, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Lutra, Nursalim Ramli mengungkapkan, sampai 21 Juli 2021, jumlah pelamar CPNS dan PPPK sebanyak 4.559. Dengan rincian PPPK Guru 979, PPPK Non-Guru 104, CPNS 3.476.

Diperpanjang

Sebelumnya diberitakan, BKN memutuskan bahwa jadwal pendaftaran CPNS 2021 diperpanjang sampai, Senin 26 Juli. Dari jadwal sebelumnya jadwal pendaftaran CPNS 2021 hanya dibuka hingga 21 Juli.

Kini telah diperpanjang hingga 26 Juli 2021. Dalam surat BKN, pendaftaran CPNS 2021 diperpanjang untuk tujuan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat.

Pengumuman perpanjangan pendaftaran CPNS 2021 tersebut juga disampaikan melalui media sosial resmi BKN di Twitter, @BKNgoid, pada Senin (19/7/2020). (jun/idr)

Formasi Tahun Ini : 700 Ribu (520 ribu adalah guru)

– Pelamar yang sudah mengisi formulir : 3.041.135 Orang
– Pelamar yang telah submit : 2.111.389 Orang

Palopo
– Pelamar sudah capai 1.500 orang.
– Formasi yang akan diterima 64 orang.