Salat Iduladha di Masjid, Maksimal 15 Menit, Kapolres Luwu: Patuhi SE Bupati

53
AKBP Fajar Dani Susanto (Ketua Harian TGTPP Luwu/Kapolres Luwu)

PALOPOPOS.CO.ID, BELOPA– Ketua Haran Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto yang juga Kapolres Luwu mengingatkan masyarakat untuk mematuhi Surat Edaran (SE) Bupati Luwu Nomor 400/277/Kesra/VII/2021 tentang Pelaksanaan Salat Iduladha 1442 Hijriah.

SE Bupati tersebut antara lain mengatur, salat Iduladha dilaksanakan di seluruh masjid untuk menghindari pemusatan jamaah dengan menerapkan protkol kesehatan secara ketat. Dan durasi salat dan khutbah Iduladha durasi waktu maksimal 15 menit. (Lengkapnya lihat tabel).

“Saat ini kasus positif Covid-19 semakin bertambah, termasuk di Kabupaten Luwu. Saya mengingatkan seluruh masyarakat Luwu untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan utamanya saat mengikuti pelaksanaan salat Iduladha. Petunjuknya, patuhi surat edaran Bupati Luwu,” ungkap Fajar Dani kepada Palopo Pos, Minggu, 18 Juli 2021.

Fajar mengatakan, seluruh panitia Iduladha pada tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa untuk mengikuti SE Bupati demi menghindari kerumunan yang menjadi wadah penularan wabah corona yang saat ini kasus positif semakin bertambah.

Dalam SE Bupati tentang salat Iduladha, terdapat empat poin penting. Pertama, pelaksanaan malam takbiran menjadi tanda syukur sekaligus doa agar wabah Covid-19 segera diangkat Allah SWT. Masjid yang melaksanakan takbiran tidak dibolehkan melaksanakan pawai keliling.

Kedua, salat Iduladha dilaksanakan di seluruh masjid untuk menghindari pemusatan jamaah dengan menerapkan protkol kesehatan secara ketat.

Ketiga, mempersingkat pelaksanaan salat dan khutbah Iduladha, dengan durasi waktu maksimal 15 menit. Keempat, pembagian hewan kurban tidak menggunakan sistem kupon, melainkan didistribusikan oleh panitia kurban dengan mengantar langsung ke rumah mustahik.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Kabupaten Luwu hingga Sabtu lalu sebanyak 787 kasus dengan jumlah warga yang positif terpapar Covid-19 mencapai 96 orang dengan jumlah kasus positif yang meninggal dunia meningkat sudah mencapai 33 orang. Kasus terakhir warga Luwu yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19 akhir pekan lalu ada 2 orang, yaitu warga Desa To’pongo kecamatan Lamasi dan warga Mentang kecamatan Larompong. (andrie islamuddin)

SE Bupati tentang Iduladha 1442 H

1. Malam takbiran, tidak dibolehkan pawai keliling.
2. Salat Iduladha dilaksanakan di seluruh masjid.
3. Persingkat salat Iduladha, khutbah maksimal 15 menit.
4. Panitia kurban mengantar langsung pembagian hewan kurban ke rumah mustahik. (*)