Musala Nurul Ilmi di Walenrang Barat, Luwu Butuh Uluran Tangan

207
Kondisi terbaru Musala Nurul Ilmi yang sementara dibangun.

PALOPOPOS.CO.ID, WALENRANG– Musala Nurul Ilmi yang sementara dibangun di Desa Ilan Batu Uru, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, butuh uluran tangan.

Menurut salah seorang tokoh agama di Ilan Batu, Usman, S.Pd kepada PALOPOPOS.CO.ID, Rabu, 21 Juli 2021, musala yang berdiri kokoh di daerah perbatasan Toraja ini, akan menampung jemaah dari 20 kepala keluarga yang berdomisili di sekitar musala tersebut.

””Setelah bertugas kurang lebih 1,5 tahun di daerah perbatasan Toraja saya mengajak masyarakat dan warga sekolah membangun musala dengan sistem swadaya full. Alhamdulillah ajakan kami mendapat respon yang sangat positif terutama dari Bapak Kepala Desa Ilanbatu Uru Bapak Lipu Hardianto, S.Pd dan masyarakat sekitar. Harapan kedepan mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” kata Usman, yang juga Kepsek di salah satu SMPN di Walenrang Barat ini.

Menurutnya, meski musala tersebut kecil dan sangat sederhana tetapi sangat berharga bagi masyarakat sekitar sekolah. Saat ini, lanjutnya, pihaknya membutuhkan uluran tangan untuk pembangunan musala ini.

Musala Nurul Ilmi di Walenrang Barat, Luwu Butuh Uluran Tangan
Musala Nurul Ilmi sebelum diatapi.

”Kami butuhkan bahan untuk lantai, pintu, dan pengaman jendela. Kalau sudah ada lantai kasar dan pintu, Insya Allah sudah bisa ditempati untuk beribadah,” katanya.

Untuk saat ini, katanya Musala yang dibangun atas swadaya full dari masyarakat ini, sudah dipasangkan atap namun atap lama. Itu pun belum dicat. Sementara sekeliling masjid meski sudah diberikan bata, namun belum diratakan dengan semen.

Menurut Usman, yang sudah dikerja adalah pemasangan bata dan atap. Sementara yang belum, adalah lantai tegel diperkirakan akan menelan dana Rp 30 juta, Plasteran Rp5 juta, daun pintu Rp4 juta, pengaman jendela Rp3,8 juta,
plafon Rp20 juta, pengecekan atap bekasRp 4 juta, dan mimbar Rp5 juta. ”Dana ril yang dibutuhkan kurang lebih Rp71,8 juta,” bebernya.

Untuk saat ini, katanya, sudah menggunakan anggaran hampir Rp80 juta. Ini tidak terhitung ongkos kerja, karena masyarakat yang bergotong royong,” bebernya.

Dan bagi yang ingin menyumbang untuk kelancaran pembangunan Musala Nurul Ilmi, bisa menghubungi langsung Usman, nomor kontak: 0852-9939-1791. Atau langsung transfer ke rekening Bank Sulselbar Nomor: 094-202-000000377-4 atas nama Panitia Pembangunan Mushalah Nurul IlmiDesa Ilan Batu Uru, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulsel. (uce)