IMIGRASI MERIAHKAN HUT KOTA PALOPO

37

PALOPO — Peringatan HUT Kota Palopo ke-19 Jumat, 2 Juli 2021 dipusatkan di Gedung Ratona-Kantor Walikota. Acara tersebut berupa Rapat Paripurna DPRD yang dilaksanakan secara virtual sehingga para Camat/Kepala SKPD maupun masyarakat dapat mengikutinya juga. Acara dihadiri langsung Plt. Gubernur Sulsel Andi Amran Sulaeman sedangkan rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Palopo, Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kp.,M.Kes, yang dalam amanatnya mengharapkan agar kita semua mesti melanjutkan estafet perjuangan para pendahulu, yang telah membangun Kota Palopo.

Walikota Palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, MH, dalam pidatonya menyampaikan bahwa tema yang diusung, dalam peringatan HUT Kota Palopo kali ini, adalah “Tangguh Dalam Kebersamaan “. Tema ini dipilh atas dasar kesadaran kita, bahwa ketangguhan dengan semangat kebersamaan, adalah syarat utama untuk sukses dalam upaya pemulihan ekonomi daerah, sebagai bentuk konsisitensi dalam mewujudkan visi Kota Palopo, yakni “Maju, Inovatif Dan Berkelanjutan”.

Dari jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, hadir Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida dan Kepala Kantor Imigrasi Benyamin K. Harahap serta Kepala Balai Pemasyarakatan Palopo Redi Agian yang masing-masing memakai pakaian adat.

Masih dalam rangka memeriahkan acara dimaksud, para pegawai Kanim Palopo tidak kalah semangatnya dalam melakukan pelayanan. Tepat pada tanggal 2 Juli 2021 itu, mereka melayani 5 permohonan paspor dengan memakai pakain adat sehingga suasanya menjadi lebih menarik.

Kasubsi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian (Yanverdokim) Alfitrul Yunis menyampaikan bahwa para pertugas maupun pemohon paspor sangat antusias dengan suasanya permohonan dimaksud. “Dan untuk kesempatan yang istimewa ini, kami mencoba untuk menghadirkan suasana berbeda. Dalam momen-momen lainnya, kami juga akan berusaha untuk tampil beda, penuh semarak”. Kata Alfitrul.

Sementara itu Benyamin menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan dan masyarakat Kota Palopo. “Semoga dengan peringatan ulang tahu ke-19 ini dapat memberikan semangat baru guna membangun Kota Palopo menjadi lebih baik lagi dan kami jajaran keimigrasian juga tentu akan berjuang bersama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat”.

Terkait dengan kesiapan Kanim Palopo dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Dodi memberikan apresiasi kepada kepala dan seluruh jajaran Kanim Palopo karena sudah banyak inovasi yang dibentuk seperti pada bulan Agustus 2020, telah ada fasilitas Drive Through pengambilan paspor. Masyarakat yang akan mengambil paspor tidak perlu turun dari kendaraanya dan hanya sekitar 3-5 menit paspor sudah berada di tangan pemegangnya.

Pada tahun 2020 juga, dibangun inovasi auto cetak Perdim (Permohonan Dokumen Keimigrasian) sehingga pemohon tidak harus mengisi Perdim secara manual karena sistem yang akan mengisi dan mencetaknnya sedangkan pemohon hanya tinggal menandatanganinya saja.

Tentang kemudahan pelayanan, Kanim Palopo, tahun 2021 sudah 4 kali melakukan pelayanan paspor secara jemput bola, mendatangani pemohon yaitu di Kecamatan Mangkutana dan Kantor Kecamatan Nuha-Luwu Timur.
“Pada minggu depan ini, kami akan mendampingi tim Kanim Palopo di Kecamatan Nuha untuk melayani sekitar 60 pemohon paspor. Ini artinya kami akan meringankan langkah 60 orang pemohon yg kalau harus datang ke Palopo, mereka menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan belum termasuk biaya transportasi/akomodasi”. Demikian pungkas Dodi. (rls).