CEO PT Vale Jawab Surat Bupati

72
Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy

*Terkait 11 Isu Strategis Pertambangan

MALILI-–PT Vale Indonesia Tbk akhirnya menjawab surat Bupati Luwu Timur atas 11 isu strategis pertambangan yang dikirimkan beberapa waktu lalu.

Surat jawaban itu disampaikan secara resmi oleh Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia Tbk dan dikirim ke Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang ditandatangani oleh Febriany Eddy Selaku Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Senin 19 Juli 2021.

Dalam isi surat tersebut PT Vale telah menanggapi dengan cermat 11 isu strategis yang diajukan oleh Bupati Luwu Timur, Drs H Budiman MPd.

PT Vale pada prinsipnya ingin Luwu Timur maju dan berkembang dengan tetap menjaga keharmonisan antara Pemda Luwu Timur dan PT Vale namun tetap mengacu pada regulasi yang berlaku sebagai landasan bertindak. Seperti isu Pemaparan blueprint TJSL, dijelaskan pelaksanaan dan evaluasi program dan penyelarasan dengan program pemerintah Luwu Timur, PT Vale membuka diri untuk berdiskusi sekaligus memaparkan kembali Dokumen Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat untuk bersama-sama mereview indikator keberhasilannya.

PT Vale juga akan menindak lanjutinya pada rapat koordinasi bulanan bersama TKK PPM Luwu Timur, oleh karena itu PT Vale akan mengagendakan khusus pada pertemuan berikutnya.

Terkait isu strategis untuk meningkatkan peluang bekerja dan berusaha bagi masyarakat adat, PT. Vale mengharapkan masukan, arahan dan bimbingan dari Pemerintah Luwu Timur yang dapat menjadi rujukan kedepan terkait masyarakat adat tersebut.

Mengenai program Beasiswa , PT Vale menyambut baik usulan program beasiswa jenjang strata S1 sampai S3 dan mengharapkan penyelarasan lebih lanjut bersama Pemkab Luwu Timur dalam menetapkan tujuan strategis, kerangka acuan , kriteria dan indikator keberhasilannya.

Selanjutnya isu rekruitmen dan pengembangan putra putri terbaik Luwu Timur, dijelaskan bahwa PT Vale memberikan perhatian serius pada pengembangan talenta-talenta yang berasal dari dalam perusahaan. Hal ini merupakan pengejawantahan sistem miritokrasi yang juga sejalan dengan ambisi PT Vale untuk menjadi perusahaan yang digerakkan oleh sumber daya manusia terbaik yang diantaranya adalah putra putri Luwu Timur.

Diterangkan, saat ini terdapat sekitar 29 persen karyawan kelahiran Luwu Timur di posisi staf dan senior staf 78 persen memiliki kinerja yang baik. Mereka mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi pemimpin PT Vale dikemudian hari.
Sebagai Chief Executive Officer (CEO) atau Pejabat tertinggi Eksklusif dari perusahaan, Febriany berkomintem untuk memantau langsung proses pengembangan local talen yang berpotensi tinggi di PT Vale , dengan tidak mendiskriminasikan talenta -talenta yang lain.

Sementara terkait Kontraktor Lokal, PT Vale berkomitmen dalam pengembangan dan pemberdayaan kontraktor dan pengusaha lokal, ia menjelaskan saat ini terdapat ratusan kontraktor lokal yang terdaftar di PT Vale memiliki kesempatan untuk berbisnis dengan perusahaan sesuai dengan kualifikasi kontraktor – kontraktor tersebut untuk menciptakan peta jalan perogram pemberdayaan pengusaha lokal.

PT Vale terbuka untuk menerima masukan dari pemerintah Luwu Timur dan Asosiasi- Asosiasi kontraktor lokal dengan semangat untuk kemajuan bersama.
PT Vale juga akan berupaya untuk mewujudkan taman kupu -kupu (Butterfly Park), Taman Botani (botanical garden) serta kegiatan reklamasi lahan pasca tambang dengan merestorasi jenis-jenis tanaman lokal dan endemik yang ada disekitar area tambang.(akm/ald)