Bupati Lutim Ingin ASN Pakai Baju Batik Rongkong Tiap Hari Kamis

86

Suasana pengukuhan..FT/IST

* Dewi Sartika Sambut Baik, Budaya Tari-tarian Harus Dilestarikan, Korcam AKAR Bersatu Nuha Dilantik

MALILI — Bupati Luwu Timur Drs Budiman M.Pd menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan koordinator kecamatan Aliansi Keluarga Rongkong (AKAR) Bersatu Nuha, Minggu 11 Juli 2021 di Gedung Serbaguna Sorowako.

Di acara pelantikan, Budiman sempat menyinggung dan ada keinginannya agar ASN pakai baju batik Rongkong setiap hari Kamis. ”Saya ingikan hari Kamis ASN pakai baju batik Rongkong,” ujarnya dalam sambutan bupati Luwu Timur.

Acara pelantikan dan pengukuhan Roy Hatta sebagai koordinator AKAR Bersatu Nuha dihadiri langsung pengurus Pusat AKAR Bersatu yang diwakili Armin dan PW Lutra Hardinang, dan tim dari AKAR Kota Palopo. Kemudian Ketua Umum AKAR Bersatu Ir Dewi Sartika Pasande, M.Sc menyaksikan lewat daring.

Bupati Luwu Timur disambut tarian pangngaru oleh panitia pelaksana di gedung serba guna. Sebelum pengukuhan pengurus Korcam Akar Nuha oleh Herdinang, S.Ag, MM diawali penampilan tarian Katendon-tendon, sambutan-sambutan oleh panitia, pembina Akar Lutim Musran Mustaring Passalo, Ketua AKAR Lutim, Herdinang, S.Ag, MM, dan Bupati Luwu Timur. Terakhir sambutan Korcam Akar Nuha.

Ketua Umum AKAR Bersatu Pusat, Dewi Sartika, menyambut baik keinginan Bupati Luwu Timur. Kepada Palopo Pos, ia mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran bupati dan rencana tersebut.

Selain itu, Dewi Sartika berharap ke depan agar budaya-budaya Rongkong yang sudah diwariskan oleh pemda dulu terus dijaga dan dilestarikan, terutama batik dan tenun Rongkong, tari-tarian dan terutama sikap rendah hati dan tidak mudah menyerah dalam meraih cita-cita.

Sejalan dengan keinginan bupati Lutim yang ingin menjadikan batik Rongkong jadi dipakai hari Kamis, ia sangat menyambut baik dan berterima kasih. ”Mesa kada dipatuo pantang kada dipomate,” tandas ketum Akar Bersatu.

Lanjutnya, wadah ini bisa menjalin tali silaturahmi antar keluarga Rongkong dimanapun berada dan bersatu untuk membangun ekonomi yang kuat di masa depan.(ary)