Bakti Sosial Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo “Kumham Peduli Kumham Berbagi”

35

PALOPO — Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan lebih dari 46 ribu paket secara nasional, serentak kepada masyarakat di seluruh Indonesia, agar dapat bertahan hidup di tengah pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda usai. “Insan Pengayoman melalui program pemberian bantuan sosial Kumham Peduli, KumhamBerbagi”, mencoba turut berempati kepada masyarakat dan ASN Kemenkumham yang terdampak pandemi Covid-19.

Melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal, tercatat Kemenkumham memberikan total bantuan sosial sebanyak 46.614 paket dan dana sosial sebesar 700 juta rupiah. Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 43.558 kepala keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, serta kepada 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19. Sedangkan dana sosial diberikan kepada tujuh Kantor Wilayah Kemenkumham yang saat ini menerapkan PPKM Level 4, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Adapun paket bantuan sosial Kumham Peduli Kumham Berbagi per orang diberikan dalam bentuk sembako.

Kamis, 29 Juli 2021, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo telah melaksanakan pembagian bantuan sosial berupa sembako terrhadap masyarakat sekitar lingkungan kantor yang terdampak Covid-19. Pembagian bantuan ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo, Bapak Benyamin KP Harahap kepada 3 (tiga) orang perwakilan penerima bantuan. Selanjutnya pembagian bantuan sosial dilakukan dengan mendatangi penerima bantuan secara langsung di lingkungan sekitar Kantor Imigrasi.

Menyadari bahwa cukup banyaknya masyarakat disekitar Kantor Imigrasi Palopo yang terdampak Covid-19 maka dilakukankanlah pembagian bantuan sosial. Kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian Kantor Imigrasi kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Dengan tersalurkannya bantuan sosial ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, sekaligus dapat menggugah para pihak lain untuk turut serta bergotong royong saling membantu dan berbagi kepada yang membutuhkan terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini.(rls)