UMB Merayakan Milad ke-12, Undang Dosen, Mahasiswa, dan Alumni Temu Virtual, Wow! Bertabur Hadiah

57
Rektor UMB, DR. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO– Universitas Mega Buana (UMB) Palopo merayakan ulang tahunnya hari ini, Selasa, 22 Juni 2021.

Mereka pun mengundang dosen, mahasiswa, dan alumni untuk menghadiri peringatan syukuran milad ke-12 yang dikemas secara virtual lewat Zoom Meeting, Selasa, 22 Juni 2021 mulai pukul 13.00 Wita. Pada pertemuan yang digelar virtual ini, bertabur hadiah.

Rektor UMB, DR. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes mengatakan, pada pertemuan ini, pihaknya akan membagikan doorprize. Hadiah yang disiapkan adalah sepeda motor, televisi, kulkas, kompor gas, rice cooker, termasuk liburan dan beasiswa.

”Ini untuk mengapreasiasi kepada sivitas akademika UMB,” kata Nilawati Uly kepada PALOPOPOS.CO.ID, Selasa, 22 Juni 2021.

UMB Merayakan Milad ke-12, Undang Dosen, Mahasiswa, dan Alumni Temu Virtual, Wow! Bertabur Hadiah

Seperti diketahui, UMB sejak berdirinya tahun 2009, berbagai terobosan dilakukan. Juga, terus mengemban amanah tri dharma perguruan tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

UMB sendiri peralihan statusnya, 24 Agustus lalu dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes).

Pada Februari 2021, kampus ini, membuka Fakultas Hukum. Ini, ditandai setelah Selasa, 16 Februari 2021, UMB menerima Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 25/E/O/2021 tentang Izin penyatuan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Damarica ke Universitas Mega Buana Palopo yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Mega Buana. Keputusan ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 8 Februari 2021 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

SK itu sendiri diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. bersama Sekertaris LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Drs. Andi Lukman, M.Si. dan Kabag. Kelembagaan sistem informasi Munawir Zalsali Razak.

Adanya SK ini, UMB sudah memiliki tiga Fakultas. Yakni, Fakultas Kesehatan, terdiri dari Ners Program Profesi, Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Kebidanan Program Sarjana, Kebidanan Program Sarjana Terapan, Ilmu Keperawatan Program Sarjana, Kesehatan Masyarakat Program Sarjana.

Sementara Fakultas Bisnis yakni jurusan Perdagangan Internasional Program Sarjana, Kewirausahaan Program Sarjana. Sementara Fakultas Hukum, Ilmu-ilmu hukum.

Penghargaan demi penghargaan juga telah diraih. Yang teranyar, yakni ketika mendapatkan penghargaan dari BP2MI. Selain Universitas Mega Buana Palopo, juga Poltekes Kemenkes Makassar, UIN Alauddin Makassar, dan Universitas Bosowa Makassar.

”Alhamdulillah di Wilayah Sulawesi Universitas Mega Buana Palopo berada pada peringkat kedua terbanyak menyalurkan tenaga Kerja Migran ke Jepang,” bebernya.

Menurutnya, UMB memiliki mitra kerjasama dengan perusahaan Jepang. Sehingga, mahasiswa tingkat akhir sebelum selesai sudah mengikuti proses rekruitment dan pelatihan untuk bekerja di Jepang.

UMB juga memiliki Rumah Sakit dan beberapa mitra. Sehingga, lanjutnya, lulusan UMB begitu selesai bisa langsung bekerja. Semua alumni UMB disiapkan untuk langsung terserap bekerja atau menjadi wirausaha.

Nilawati Uly melihat, ke depan kampus UMB makin maju. Karena didukung dosen-dosen muda dan energik lulusan perguruan tinggi ternama di Indonesia. Juga, didukung beberapa Profesor dari Unhas.

”Kami yakin, alumni UMB ke depan akan semakin dipercaya oleh mitra termasuk perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja karena didukung oleh dosen-dosen energik,” bebernya.

Atas penghargaan itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Prof. Dr. Jasruddin, M.Si memberikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan kepada Universitas Mega Buana. ”Saya kira ini merupakan capaian luar biasa. Mudah-mudahan UMB tetap eksis dan mampu menjawab tantangan zaman,” bebernya, Kamis, 17 Juni 2021.

Ia menyadari, kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri juga menjadi nilai tersendiri di mata mitra-mitra.

Saat ini juga, UMB menerima mahasiswa untuk jenjang strata dua (S2) atau program pasca sarjana Kesehatan Masyarakat. UMB Palopo, mulai menerima Senin, 21 Juni 2021 untuk tahun akademik 2021/2022, satu hari sebelum merayakan hari jadinya.

Penerimaan mahasiswa S2 ini, setelah Universitas Mega Buana Palopo mendapatkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 189/E/O/2021 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister (S2) yang ditetapan di Jakarta 22 April 2021 lalu.

Penerimaan mahasiwa baru untuk S2 sendiri, direncanakan sampai Agustus 2021 mendatang yang bisa dilakukan secara online yakni:
Http://pmb.umegabuana.ac.id/.

Menurut Rektor Universitas Mega Buana Palopo, DR. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, Minggu, 20 Juni 2021, para mahasiswa S2 nantinya akan diajar oleh dosen-dosen kualifikasi Doktor lulusan Perguruan Tinggi Negeri dan Guru Besar (Professor) dari Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.

Sementara biaya kuliah menurutnya sangat terjangkau dan dapat diangsur. ”Sehingga memudahkan untuk para pegawai melanjutkan pendidikan dan tidak jauh-jauh lagi ke luar Kota Palopo,” katanya.

Adapun biaya kuliah yakni registrasi Rp700 ribu (hanya 1 kali pada saat Pendaftaran), SPP tiap semester Rp3.500.000, dan BPP (hanya sekali salama pendidikan) Rp4.000.000.

Menurut Nilawati Uly, tujuan umum program magister ini adalah menghasilkan magister yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam tujuh bidang utama kesehatan masyarakat. Di antaranya, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Perilaku dan Promosi Kesehatan, Epidemiologi, Kesehatan Reproduksi dan Keluarga, Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. (uce)