Kursi di DPRD Kota Palopo Berpeluang Bertambah Jadi 30

72
Ketua KPU Palopo, Abbas Johan

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO– Para politisi di Kota Palopo bnisa tersenyum. Karena peluang mereka nantinya makin terbuka.

Pada Pemilu 2024 mendatang, peluang penambahan kursi di parlemen bakal terjadi. Ini seiring pertambahan jumlah penduduk yang tercatat dalam Data Adminstrasi Kependudukan (DAK).

Saat ini, jatah DPRD di Kota Palopo sebanyak 25 kursi untuk tiga daerah pemilihan (dapil). Dari jumlah tersebut memiliki peluang besar untuk penambahan 5 lima kursi, sehingga jumlahnya menjadi 30 kursi.

Ketua KPU Palopo, Abbas Johan kepada PALOPOPOS.CO.ID, Senin, 14 Juni 2021 mengatakan Kota Palopo dalam Pemilu 2024 mendatang bisa saja mengalami penambahan kursi. Meski begitu, Abbas mengungkapkan bahwa pihak yang memastikan jumlah penduduk di Palopo ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Menurut Abbas, berdasarkan UU No.7/2017 Penambahan jumlah kursi tergantung dari jumlah penduduk setempat. “Jika Kota Palopo hendak mencapai 30 kursi maka minimal penduduk harus 200 ribu ke atas. Jadi tidak berdasar pada jumlah pemilih tapi jumlah penduduk,” katanya.

Meski terjadinya penambahan kursi, untuk pembagian daerah pemilihan (dapil) belum dapat diapastikan. Sebab kata Abbas, belum tentu penambahan kursi di parlement Palopo dapil juga akan bertambah.

“Penambahan 30 kursi bisa saja terjadi. Tapi dapil belum tentu bertambah. Nantinya juga KPU Palopo akan memastikan terkait potensi penambahan kursi ini. Jika melihat jumlah pemilih sementara saat ini sudah 108.678, dan kemungkinan terus mengalami penambahan,” terang Abbas.(asrul syarifuddin)