Kepala LLDIKTI Optimis Universitas Mega Buana Palopo Masuk PT Berkelas Dunia

54
Rektor UMB Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt.,M.Kes

* Milad ke-12 Berlangsung Meriah, Berbagai Kegiatan Digelar

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO– Perguruan Tinggi Universitas Mega Buana (UMB) Palopo merayakan miladnya yang ke-12, Selasa, 22 Juni 2021. Berbagai kegiatan dilaksanakan dan berlangsung meriah.

Pada kegiatan ini, UMB mendapat pujian dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi Prof, Dr. Jasruddin Daud, M.Si.

Saat memberikan sambutannya, hujan pujian dilontarkan Prof Jasruddin terkait prestasi dan capaian yang telah dilakukan UMB selama 12 tahun ini.

Menurut guru besar Universitas Negeri Makassar (UNM) tersebut, ia cukup mengapresiasi perkembangan yang dicapai UMB Palapo saat ini.

Sebagai perguruan tinggi yang baru saja bertransformasi atau berubah bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan menjadi Universitas Mega Buana Palopo, capaian yang diperoleh hingga saat ini sangat membanggakan.

Kepala LLDIKTI Optimis Universitas Mega Buana Palopo Masuk PT Berkelas Dunia
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi Prof, Dr. Jasruddin Daud, M.Si.

Capaian-capaian yang diperoleh dengan indikator klasterisasi nasional, klasterisasi regional, dan klasterisasi internal dari wilayah, menunjukkan bahwa UMB salah satu PT yang berhasil mengubah visi dan paradigma, baik tata kelola managemen, mindset atau cara berpikir, paradigma penyelenggara, pengelola, dosen, dan mahasiswa.

”Itulah sebabnya, UMB makin maju. Tidak heran jika UMB yang baru berusia 12 tahun mampu menorehkan prestasi-prestasi baik lokal di wilayah Sultanbatara, nasional, bahkan internasional,” katanya.

Klasterisasi internal Sultanbatara, UMB menempatkan posisi yang banyak mendapatkan penghargaan di prestasi akademiknya.

Kepala LLDIKTI Optimis Universitas Mega Buana Palopo Masuk PT Berkelas Dunia
Para pengelola UMB saat foto bersama ketika merayakan Milad ke-12 UMB.

Untuk tingkat nasional, UMB berhasil menempatkan dirinya PT 20 besar di wilayah IX Sultanbatara dan PT mendapatkan peringkat baik di tingkat nasional.

”Yang lebih membanggakan, baru-baru ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Pemprov sebagai perguruan tinggi urutan kedua yang mengirimkan alumninya yang berhasil menembus pasar internasional,” bebernya.

Capaian ini lanjutnya, menunjukkan UMB berhasil mengemas, merencanakan, dan melaksanakan proses akademik. Sehingga, alumninya terserap di pasar internasional.

Kepala LLDIKTI Optimis Universitas Mega Buana Palopo Masuk PT Berkelas Dunia
Penghargaan atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa tingkat nasional. Nampak didampingi Wakil Rektor III UMB, Andrianto Dai, S.Kep., Ns., M.Kep.

Menurutnya, perubahan kurikulum, perubahan paradigma, bahkan munculnya delapan indikator kinerja utama PT di Indonesai salah satunya apakah perguruan tinggi mengelola atau memproses alumni sehingga mampu berdaya saing nasional maupun internasional.

Dia melihat, keberhasilan UMB yang berhasil mengirimkan alumninya merupakan bukti nyata bahwa UMB telah memproses akademiknya dengan standar internasional.

”Itulah kemudian yang akan mengantarkan nanti PT seluruh Indonesia dengan melihat indikator keberhasilan alumni dan kemudian akan masuk pada jajaran PT berkelas dunia,” katanya.

PT yang berkelas dunia adalah PT mampu menembus pasar Internasional yang mampu bersaing secara global.

”Tidak mudah menembus pasar luar negeri. Karena, berkaitan dengan kepercayaan pasar. Tidak mudah memberikan kepercayaan kepada pasar internasional bahwa alumni kita dapat bersaing dengan alumni-alumni perguruan tinggi terbaik yang ada di dunia,” bebernya.

Selamat sekali lagi. Bekerja terus dan torehkan prestasi. Dan, untuk saat ini, UMB berhasil membuka program-program studi kekinian yang dibutuhkan di era ini.

”Dengan demikian, saya yakin dan percaya ke depan UMB akan mampu meningkatkan posisi atau prestasi alumninya sehingga benar-benar mencapai target nasional dan internasional. Dan PT-nya masuk dalam jajaran PT terbaik dunia,” katanya.

”Selamat bekerja. Tantangan di masa depan lebih berat daripada tantangan hari ini. Hanya orang-orang yang memiliki semangat, yang memiliki komitmen dan managemen dan mau berubah, itulah yang bisa mencapai target internasional apalagi internasional. Saya sangat mengapresiasi dan sangat bangga menjadi bagian dari pengembangan UMB Palopo,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UMB Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt.,M.Kes mengatakan, capaian ini merupakan kerja bersama. ”Mudah-mudahan ke depannya UMB bisa melakukan yang terbaik,” katanya.

Pada syukuran kemarin berbagai kegiatan yang dilakukan seperti pemotongan tumpeng yang diberikan kepada dua Panti Asuhan beserta sembako.

Kegiatan lainnya adalah melaksanakan lomba video poster tingkat SMA sederajat dengan mengusung tema pencegahan Covuid-19, lomba tingkat mahasiswa dengan berbagai kategori, lomba tingkat alumni, bakti sosial, Mega Buana Award, serta seminar nasional, kesehatan, bisnis, dan hukum.

Peringatan milad ke-12 UMB ini, berlangsung meriah. Ini dihadiri Yayasan Pendidikan Mega Buana, Rektor UMB Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt.,M.Kes beserta seluruh jajaran UMB. Juga dihadiri secara virtual oleh Dosen, Mahasiswa dan Alumni UMB baik yang berada di Wilayah Sulawesi, Kalimantan, Papua dan juga alumni yang bekerja di Arab Saudi, Jepang, dan Taiwan. (uce)

RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN MILAD KE-12
UNIVERSITAS MEGA BUANA PALOPO

1. LOMBA VIDEO DAN POSTER TINGKAT SMA SEDERAJAT (TEMA: PENCEGAHAN COVID-19)
VIDEO:
JUARA 1= YOGIE MAHARDIKA ARIF (SMAN 12 LUWU)
JUARA 2= YUSRIL SAPUTRA (SMKN 2 PALOPO)
JUARA 3= MUH. RIZALDY ASSAHID (SMAN 5 LUWU TIMUR)

POSTER:
JUARA 1= AIDIL SAPUTRA (SMAN 12 LUWU)
JUARA 2= SRIWAHYUNI HASRIN (SMA BAJO KAB.LUWU)
JUARA 3= APRIANI (SMAN LUWU TIMUR)

2. LOMBA TINGKAT MAHASISWA:
1) Lomba Ucapan Milad Ke-12 Universitas
2) Apresiasi Peserta Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Mega Buana Palopo
Kategori:
a. Poster
b. Tiktok
c. Puisi
d. Video
e. Short Essay

3. LOMBA TINGKAT ALUMNI:
1) Lomba Ucapan Milad Ke-12 Universitas

4. BAKTI SOSIAL:
1) Panti Asuhan Ar-Rahman
2) Panti Asuhan Uswatun Khasanah
3) Donor Darah

5. MEGA BUANA AWARD:
1) Prestasi Dosen dengan Publikasi Non Hibah:
– Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt.,M.Kes
– Hertiana, S.Kep.,Ns.,M.Kep
– Wahyu Hidayat, S.Kep.,Ns., M.Kep
– Ikes Dwiastuti, SKM.,M.Epid
2) Prestasi Dosen dengan Score Sinta Tertinggi Tingkat Universitas Mega Buana Palopo
– Wahyu Hidayat, S.Kep.,Ns., M.Kep

3) Dosen dengan Rekrutmen Mahasiswa Terbanyak tahun 2020
– Rismawati, S.ST., M.Kes

4) Mahasiswa dengan Prestasi Non Akademik Tingkat Nasional Terbaik
– Hajida Silfa
– Rahma Ayu KInanti
– Rani Buhari

5) Alumni dengan Prestasi Bekerja di Luar Negeri dan Aktif Sharing Informasi Peluang Kerja
– Syarifah Nur Rahmania Kasim, S.Tr.Keb

6. SEMINAR NASIONAL: KESEHATAN, BISNIS DAN HUKUM