Kapolda Irjen Merdisyam Minta Jajarannya “Jangan Kendor”

67
Nampak Kapolda bersama Wali Kota Palopo, HM Judas Amir di Mapolres Palopo, kemarin, sebelum ke Lutra. Kapolda bersama istrinya, Shanthy Merdisyam saat dikalungi di depan gerbang Mako Polres Palopo. RIAWAN/PALOPO POS DISKOMINFO PALOPO

* Tangani Covid, Disampaikan Saat Kunker di Lutra dan Palopo

PALOPO — Setelah Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (TNI) Mochamad Syafei Kasno melakukan kunker di Luwu Raya selama dua hari, giliran Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam, didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Sulsel, Shanty Merdisyam melakukan road show di Luwu Raya.

Kunker perdana Kapolda Sulsel diawali di Kabupaten Luwu Utara, setelah berkendara lama dari Makassar menggunakan bus Manggala Trans. Di Masamba, Kapolda dan rombongan disambut Bupati Lutra, Indah Putri Indriani dan sejumlah pejabat Pemda Lutra.

Kapolda memuji penanganan COVID-19 di Luwu Utara yang dirasa sudah cukup baik. Terbukti, kasus konfirmasi positif COVID-19 per hari ini, Rabu 9 Juni 2021, sudah tinggal satu kasus. Dan itu menurut dia, harus dipertahankan dengan tidak melonggarkan protokol kesehatan.

“Tadi saya mendengar dari ibu Bupati langsung. Beliau menyampaikan bahwa zonasinya juga sudah baik. Bahkan per hari ini tinggal satu yang positif COVID-19. Nah, ini kita minta agar terus dipertahankan agar Luwu Utara bisa benar-benar keluar dari pandemi COVID-19,” kata Merdisyam saat ditemui Palopo Pos usai memberi pengarahan kepada seluruh jajaran Polres Luwu Utara, Rabu 9 Juni 2021 di Aula Polres Luwu Utara.

Kendati kasus COVID-19 yang semakin membaik, tetapi Merdisyam tetap mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 masih ada, dan harus tetap diwaspadai dengan tidak mengendorkan protokol kesehatan. “Saya juga ingatkan, jangan sampai protokol kesehatan ini kendor. Jangan sampai karena sudah tidak ada kasus lagi, dianggapnya COVID-19 juga sudah tidak ada. Intinya, protokol kesehatan jangan kendor,” tegas dia.

Pada kesempatan itu pula, Merdisyam juga mengatakan bahwa kunjungannya ke Polres Luwu Utara, selain soal COVID-19, dia juga ingin memastikan bahwa program vaksinasi berjalan dengan baik dan proses pemulihan ekonomi nasional juga terlaksana dengan baik pula. Tak hanya itu, program prioritas Kapolri seperti pelaksanaan operasional, dan fungsi pelayanan kepada masyarakat, harus dipastikan berjalan baik.

“Program bapak Kapolri saat ini adalah ingin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis teknologi untuk memudahkan pelayanan. Nah, Kita juga tahu bahwa Luwu Utara ini kan masih dalam tahap recovery pascabencana. Ini juga bukan sesuatu yang mudah. Untuk itu, kami akan terus men-support Polres Luwu Utara dan Pemda Luwu Utara dalam penanganan pascabencananya,” tandasnya.

Kapolda Irjen Merdisyam Minta Jajarannya "Jangan Kendor"
BUPATI Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam di Mapolres Luwu Utara kemarin, Rabu 9 Juni 2021.

Palopo

Usai dari Masamba, Kapolda lalu bergerak di Kota Palopo. Tiba di Mako Polres Palopo, Rabu 9 Juni 2021 pukul 16:30 Wita.
Sebelum memasuki Palopo, Kapolda Irjen Pol Merdisyam dan istri beserta rombongannya, menyempatkan mampir di Kecamatan Walmas, Kabupaten Luwu untuk menghadiri pemakaman keluarga anggota DPR Pusat.

Setelah melayat di Walmas, perjalanan kemudian dan tiba di depan Mako Polres Palopo pukul 16:30 Wita. Di depan Mako Polres Palopo, Kapolda beserta rombongannya disambut langsung Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas dan istrinya Nova Alvian.

Jika di Polres Luwu Utara, Kapolda disambut Jajar Penghormatan (Jarmat) oleh personel Polisi Pria, sementara di Polres Palopo justru disambut Jarmat jajaran Polwan.
Bergeser dari depan gerbang Mako Polres Palopo, Kapolda beserta rombongan diarahkan ke Aula Bakti Pratidina. Dan di Forkopimda Kota Palopo dan juga disambut dengan tarian tradisional Tana Luwu.

Kapolres Palopo Alfian Nurnas yang sempat dikonfirmasi beberapa waktu lalu sebelum kunjungan tersebut, ia menyebutkan, kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerja Kapolda ke Tana Luwu.
“Hanya kunjungan kerja biasa dan dalam kunjungan kerja tersebut, kita tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Alfian Nurnas.

Ditambahkan Kasubag Humas AKP Edi Sulistio, menyebutkan kunjungan tersebut Kapolda mengimbau jajaran Polres untuk melaksanakan setiap program Kapolri dengan baik.

“Selain pengarahan itu, tadi Kapolda juga memberi bingkisan kepada dua anggota jajaran Polres yang sedang sakit dan memberi mereka semangat agar cepat pulih,” kata Edi Sulistio.
Saat memasuki waktu Salat Magrib, Kapolda serta rombongan menyempatkan salat berjamaah. Pukul 18:30 Wita, pertemuan tertutup di Aula Bhakti Pratidina Polres Palopo, bermalam di Hotel Value bersama rombongannya.

“Kapolda beristirahat di Hotel Value, besok paginya balik lagi ke Luwu Utara ke Mako Brimob Baebunta,” lanjut Edi.
Ada hal menarik yang membuat Kapolda Sulsel di Kota Palopo saat melintas di Depan Mako Kodim 1403 Palopo Saat melintas di depan Mako Kodim 1403 Palopo, ada satu pemandangan yang membuatnya tertarik, Rabu, 09 Juni 2021.
Hari ini, rencananya Kapolda bertolak menuju Luwu Timur. (cr1/jun/idr)