Italia, Wales, dan Swiss di Grup A Dipastikan Lolos 16 Besar Piala Eropa 2020, Ini Delapan Tim Lain yang Susul

15
Timnas Italia pertama yang lolos ke babak knockout 16 besar. Nampak pemain Italia saat merayakan golnya.

PALOPOPOS.CO.ID, KOPENHAGE– Sebelas negara dipastikan sudah lolos babak 16 besar Piala Eropa 2020. Enam negara lolos sebagai juara dan runner up grup A, B, dan C. Sementara lima negara lainnya dipastikan lolos minimal sebagai peringkat ketiga terbaik.

Untuk Grup A, Italia serta Wales lolos sebagai juara dan runner up. Di Grup B, tim yang lolos sebagai juara grup dan runner up adalah Belgia serta Denmark. Sementara di Grup C, posisi juara dan runner up grup ditempati Belanda dan Austria.

Untuk lima negara yang dipastikan lolos minimal sebagai peringkat ketiga terbaik yakni Swiss (Grup A), Republik Ceko dan Inggris (Grup D), Swedia (Grup E), dan Prancis (Grup F). Kelima negara ini sama-sama sudah mengoleksi poin empat.

Dengan empat poin itu, mereka otomatis sudah lolos minimal sebagai peringkat ketiga terbaik. Itu karena peringkat ketiga di Grup B dan Grup C hanya mengoleksi poin tiga. Itu artinya, kelima negara tersebut paling tidak akan ada di antara empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Seperti diketahui, selain 12 juara dan runner up grup, babak 16 besar Piala Eropa 2020 juga akan menempatkan empat tim peringkat ketiga terbaik di fase knockout pertama ini.

Negara-negara yang sudah lolos di babak knockout:

Grup A
Italia (poin 9/juara grup)
Wales (poin 4/runner up)
Swiss (poin 4/peringkat 3 terbaik)

Grup B
Belgia (poin 9/juara grup)
Denmark (poin 3/runner up)

Grup C
Belanda (poin 9/juara grup)
Austria (poin 6/runner up)

Grup D
Inggris (poin 4/minimal peringkat 3 terbaik)
Rep. Ceko (poin 4/minimal peringkat 3 terbaik)

Grup E
Swedia (poin 4/minimal peringkat 3 terbaik)

Grup F
Prancis (poin 4/minimal peringkat 3 terbaik). (fj/pp)