Irwan Hamid Janji Perjuangkan, Pemerintah Harus Turun Tangan

156
Irwan Hamid saat meninjau tebing sungai Salubattang yang menyerupai jurang setinggi 7 meter di Lingkungan Lelong, Kelurahan, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Kamis 24 Juni 2021. Kemudian ia tatap muka dengan warga Lelong dalam kunjungan kerja daerah pemilihan.

* Soal Tebing Sungai Salubattang di Lelong Menyerupai Jurang

PALOPO — Tebing sungai yang menyerupai jurang di Lelong mengundang perhatian serius dari anggota DPRD Sulsel, Ir Irwan Hamid, ST. Ia melihat dari dekat abrasi yang mengarah ke pemukiman warga dan mengancam infrastruktur pemerintah berupa jalan aspal, pipa air PDAM, kebun, dan persawana. Irwan Hamid sambil geleng-geleng kepala janji perjuangkan. Pemerintah Provinsi Sulsel harus turun tangan.

”Ini memang masuk wilayah balai sungai. Saya akan berjuang dan berupaya untuk merealisasikan aspirasi masyarakat Lelong ini,” tandas Irwan Hamid, anggota banggar DPRD Sulsel, saat melakukan kunjungan daerah pemilihan, Kamis 24 Juni 2021.

Di hadapan warga Lelong, Irwan Hamid mengaku prihatin abrasi yang terjadi ini. Tinggal kurang lebih 20 meter, rumah warga tersapu banjir. Kemudian jalan aspal dan pipa air PDAM lebih dekat lagi. Mungkin ada sekitar 10 meter lagi. Memprihatinkan. Sangat memprihatinkan. Sampai sekarang belum ada realisasi dan tindaklanjut dari pemerintah.

Padahal, aspirasi ini sudah sering disampaikan ketua RW, RT, lurah pada musrenbang. Kemudian sudah sering ditinjau-tinjau oleh dinas terkait dan anggota DPRD Kota Palopo. Ia masih menjabat wakil rakyat bersama Taming M Somba, abrasi ini sudah sering disampaikan. Apalagi sekarang kendalanya anggaran di masa pandemi. ”Tapi saya upayakan masuk KUA-PPAS tahun ini. Untuk dianggarkan,” ujarnya.

Kalau sudah ada di KUA-PPAS tentu sudah bisa dianggap ‘aman’. ”Sekarang saya akan perjuangkan dianggarkan masuk APBD Provinsi Sulsel 2022,” terangnya. Dilanjutkan, yang dibutuhkan adalah surat dan dokumen pendukung lainnya. Ia akan bawa ke plt gubernur Sulsel dan dinas PUPR.

Hal ini tidak sulit bagi legislator PKB yang sudah 2 periode. Apalagi, dirinya di komisi C dan anggota badan anggaran DPRD Sulsel. ”Memang butuh proses. Artinya, saya ini berjuang lewat politik. Semua harus jalan. Lewat politik dan birokrasi,” tandasnya.

Saat kunjungan kerja daerah pemilihan, Irwan Hamid didampingi tenaga ahlinya. Kemudian kunjungan kerja resmi dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, dan pemerintah kelurahan. Hadir Lurah Jaya Rusdianto, Taming M Somba, mantan anggota DPRD Kota Palopo, Ketua RW 4 Lelong, Haeruddin Rumae, Ketua RW 3, Iskandar, Ketua RT 4, Tappi alias Tompel, dan jajaran pemerintah lainnya.

Sebelum acara dimulai Irwan Hamid berkesempatan berdiri di atas tebing sungai yang sudah menyerupai jurang setinggi 7 meter. ”Parah sekalimi ini,” ujarnya yang tampil dengan kostum santai.

Lurah Jaya, Rusdianto dalam sambutannya mengucxapkan banyak terima kasih atas kunjungan kerja daerah pemilihan Irwan Hamid di Kelurahan Jaya. ”Ratusan rumah terancam kalau ini jebol,” ujar lurah.

Selain itu, lanjut lurah, infrastruktur pemerintah berupa jalan aspal, pipa air PDAM ikut terancam. Kemudian rumah warga. ”Bisa kita bayangkan kampung ini akan tenggelam. Ada tiga RW bisa tersapu banjir,” ucap lurah Jaya yang dikenal sangat merakyat.

Ia melanjutkan, pemerintah kota sudah merespon surat soal abrasi sungai ini. WSudah ditinjau dinas PUPR Kota Palopo, anggota DPRD Kota Palopo. ”Kunjungan bapak Irwan Hamid makin menguatkan untuk bisa segera direalisasikan. Kasihan warga kami,” ucap lurah.

Di tempat yang sama, Taming M Somba, mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Irwan Hamid. ”Bapak Irwan Hamid adalah keluarga kita. Ia jauh-jauh dari Makassar untuk silaturahmi keluarga,” ujarnya.

Ia berharap lewat Irwan Hamid aspirasi masyarakat Lelong segera direalisasikan. ”Pemerintah Sulsel segera turun tangan,” terangnya.

Yang dibutuh untuk melindungi warga dari abrasi adalah tanggul atau bronjong. Kemudian perlu juga normalisasi. ”Kami menitipkan aspirasi ini di pundak bapak Irwan Hamid. Kami support dan doakan. Semoga bapak Irwan Hamid sehat selalu,” harap mantan anggota DPRD Kota Palopo ini.

Dilanjutkan Haeruddin Rumae, ketua RW 4 Lelong. Ia menyebutkan bahwa sudah beberapa kali disampaikan di musrenbang tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan. Namun, sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya. Baru-baru ini, lanjut dia, dina PUPR turun meninjau. ”Kami sudah menyurat secara resmi ke pemerintah kota,” ucap ketua RW.(ary)