Distan dan PUPR Survey Rencana Irigasi Tiromanda

17

BELOPA, PALOPOPOS.CO.ID— Guna menindaklanjuti usulan warga untuk mengairi sawah milik warga, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu terus melakukan identifikasi potensi persawahan dan sumber pengairan.

Salah satunya yang berasal di Bua. Dimana, Dinas Pertanian (Distan) dan PUPR melakukan peninjauan lokasi perencanaan pembangunan Bendungan Tiromanda Kecamatan Bua.

Tidak adanya bendungan membuat petani sawah kewalahan karena terkendala pada masalah air, pembangunan bendungan itu bertujuan untuk mengairi area persawahan seluas 300 hektar yang berada di Desa Tiromanda dan sekitarnya.

Kepala Dinas Pertanian Luwu, Albaruddin A Picunang SP MSi didampingi Kabid PSDA Dinas PUPR Lwuu, Hendra ST didampingi Kabid Tanaman Pangan, Islamuddin SP MSi dan pimpinan BPP dan Penyuluh Kecamatan Bua mengatakan, pembangunan bendungan di Desa Tiromanda ini sangat dibutuhkan oleh petani.

“Dengan tersedianya jaringan irigasi yang baik dari bendungan tersebut, tentunya membantu dalam program peningkatan produksi padi kita ke depannya,” jelas Albaruddin.

Albaruddin mengatakan kalau setelah peninjauan ini selanjutnya akan diusulkan permohonan bantuan ke pemerintah pusat melalui Dinas PUPR untuk penganggarannya.

“Secepatnya kita akan usulkan, semoga prosesnya lancar dan bendungan ini cepat terbangun karena bendungan ini adalah hal yang mendesak bagi petani kita,” ungkapnya.

Rencananya pembangunan bendungan itu nantinya tidak hanya mengairi Desa Tiromanda tetapi juga akan mengairi persawahan ke desa-desa yang lainnya di Kecamatan Bua seperti Desa Padangkalua dan Kelurahan Sakti.

Sementara itu, Kabid PUPR Hendra mengatakan terdapat banyak usulan warga untuk pengairan. “Satu per satu mulai kita bangun dan benahi,” jelasnya. (fan/ikh)