Disdik Kumpulkan Surat Rekomendasi Orang Tua Siswa, Belajar Tatap Muka Harus Izin Wali Kota

15
Pembelajaran tatap muka di sekolah yang ada di Indonesia. Di Palopo, sampai saat ini belum melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah sambil menunggu kondisi perkembangan Covid-19. -net--

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO– Para tahun ajaran baru mendatang, beberapa daerah mempersiapkan diri melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka secara langsung terlebih di wilayah zona hijau.

Kepala SMKN 2 Palopo, Nobertinus, S.Pd, SH, MH kepada PALOPOPOS.CO.ID, Minggu 6 Juni 2021 menyebutkan, pada dasarnya, pihaknya sudah siap menggelar proses belajar mengajar tatap muka. “Insya Allah, jika diizinkan Pak Wali kita gelar tatap muka,” sebut Nobertinus.

Sebelum itu, kata dia, pihaknya sudah melakukan simulasi jika tatap muka digelar di masa Pandemi. Pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya, seperti penyediaan tempat cuci tangan dan sabun, pengukur suhu tubuh, pengaturan jumlah sswa setiap kelas.
“Ini sudah kita lakukan, kemungkinan, 50 persen setiap kelas, tapi tergantung dari Dinkes bagaimana petunjuknya,” ujarnya.

Mengenai izin dari orang tua, saat ini pihaknya belum meminta ijin, tapi dalam waktu dekat akan dilakukan secara serentak, mulai dari PPDB. Paling lambat Juli mendatang, orang tua siswa diminta kesiapannya.

“Jika ada orang tua yang tidak mau, mau tidak mau anaknya tetap belajar online, yang bersedia tatap muka, itu diberikan fasilitas tatap muka, itupun jika diizinkan Bapak Wali,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Palopo, Syahrudin, S.Pd, M.Pd melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Muhammad Amin, S.Pd kepada PALOPOPOS.CO.ID, Minggu 6 Juni 2021, mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima perintah untuk lakukan tatap muka di tahun ajaran baru.

Meskipun demikian, pihaknya memerintahkan kepada seluruh satuan pendidikan agar memenuhi seluruh syarat ketika diberlakukan sekolah tatap muka. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan beserta sabunnya, pengukur suhu, serta syarat-syarat lainnya.
Termasuk izin dari orang tua siswa bersedia anaknya mengikuti proses tatap muka. Saat ini sementara berjalan.

“Sebelum tahun ajaran baru sudah ada hasilnya, kita lihat prosentasenya seperti apa,” ujarnya.

Namun demikian, kesiapan yang dilakukan sekolah dan Disdik itu tidak lantas bahwa akan dilakukan tatap muka. Semuanya bergantung dari izin Wali Kota. Jadi semua syarat diusahakan terlebih dahulu.
“Jika sudah rampung, kita lihat apakah diberi izin sama Pak Wali, Insya Allah Bapak Wali punya pertimbangan sendiri, seperti apa baiknya,” tandasnya.(indra rachman)