Dinas Kearsipan Palopo Gencar Sosialisasi Perwal Soal Penyusutan dan Retensi Arsip Fasilitatif

74
Kepala Dinas Kearsipan Kota Palopo, Eka Sukmawati S.STP MM bersama staf saat melakukan sosialisasi terkait peraturan wali kota (Perwal) tentang pedoman penyusutan arsip dan tentang jadwal retensi arsip fasilitatif Pemerintah Kota Palopo. --ist--

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO– Dinas Kearsipan Kota Palopo dalam kurun waktu Juni 2021 ini, gencar melakukan sosialisi. Ini terkait peraturan wali kota (Perwal) tentang pedoman penyusutan arsip dan tentang jadwal retensi arsip fasilitatif Pemerintah Kota Palopo.

Kepala Dinas Kearsipan Kota Palopo, Eka Sukmawati S.STP MM, kepada PALOPOPOS.CO.ID, Minggu, 27 Juni 2021, mengatakan, pihaknya memang melakukan sosialisasi terkait Perwal tersebut.

”Perwal ini telah kita sosialisasikan baik dalam pertemuan atau rapat koordinasi. Setelah itu, langsung turun ke lapangan supaya lebih efektif. Jadi, ada dua surat untuk sosialisasi yakni pertama untuk camat dan lurah dan yang kedua untuk perangkat daerah dan kepala bagian. Kegiatannya sama,” bebernya.

Disebutkan bahwa kegiatan Kadis Kearsipan bersama staf, menindaklanjuti surat Wali Kota Palopo ke perangkat daerah/kepala bagian Setda, kecamatan dan kelurahan Kota Palopo yang ditandatangani Sekertaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmnza DP, SH, M.Si, tertanggal 11 Juni 2021.

Dinas Kearsipan Palopo Gencar Sosialisasi Perwal Soal Penyusutan dan Retensi Arsip Fasilitatif

Dalam surat itu disebutkan bahwa akan diadakan penilaian, penetapan, dan pelaksanaan pemusnahan arsip yang memiliki retensi di bawah 10 (sepuluh) tahun.

Dijelaskan bahwa ini berdasarkan Undang-undang RI No. 43. Tahun 2009 tentang kerasipan dan peraturan pemerintah No. 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan UU No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan, peraturan wa likita Palopo Nomor 27 Tahun 2020 tentang jadwal retensi arsip fasilitatif Pemkot Palopo serta Peraturan Wali Kota Palopo MNomor 7 Tahun 2021 tentang penuyusutan arsip lingkungan Pemkot Palopo.

Dinas Kearsipan Palopo Gencar Sosialisasi Perwal Soal Penyusutan dan Retensi Arsip Fasilitatif

”Jadi, di sini, kami sebagai lembaga Kearsipan Daerah, bertugas untuk melakukan pembinaan penilaian, penetapan, dan pelaksanaa pemusnahan arsip yang memiliki retensi di bawah 10 tahun,” kata mantan Kabag Pemerintahan Kota Palopo ini.

Ditambahkan Kadis Kearsipan, jika stakeholder terkait ingin memusnahkan arsipnya silahkan bersurat ke Dinas Kearsipan untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan permintaan pendampingan oleh Dinas Kearsipan Provinsi Sulsel yang dalam pelaksanaannya nanti terlebih dahulu dibuatkan berita acara pemusnahan/penyusutan arsip.

Adapun kegiatan sosialisi tersebut untuk perangkat daerah /kepala bagian Setda Kota Palopo dilakukan mulai 23-24 Juni 2021 lalu. Sementara untuk camat dan lurah dilaksanakan 16-21 Juni 2021. (uce)