Borong 2 Penalti, Ronaldo Selamatkan Portugal dari Kekalahan

16
Cristiano Ronaldo merayakan golnya dalam laga Portugal versus Prancis. (Foto: Getty Images via BBC Live)

PALOPOPOS.CO.ID, BUCHAREST– Dua penalti Cristiano Ronaldo membantu Portugal bermain imbang kontra Prancis. Sementara Jerman nyaris dipermalukan Hongaria di laga terakhir Grup F Kamis, 24 Juni 2021. Hasil imbang dua laga ini memastikan Prancis, Jerman, dan Portugal lolos ke 16 besar.

Prancis menjadi juara grup dengan poin lima. Lalu, Jerman di posisi runner up dengan koleksi empat angka. Portugal sendiri lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik juga dengan poin empat.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan di Puskas Arena, Portugal memimpin lebih dulu melalui penalti Cristiano Ronaldo di menit ke-31 menyusul pelanggaran kiper Hugo Lloris kepada Danilo. Prancis kemudian menyamakan kedudukan di menit 45 + 2′.

Bermula dari pelanggaran Nelson Semedo terhadap Kylian Mbappe, Prancis mendapat hadiah tendangan 12 pas. Karim Benzema yang maju sebagai algojo melaksanakan tugasnya dengan baik untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Prancis berbalik memimpin di menit ke-48. Umpan terobosan Paul Pogba mampu dikonversi menjadi gol oleh Karim Benzema. Namun, Portugal juga tak tinggal diam. Pada menit ke-60, mereka mampu menyamakan kedudukan.

Lagi-lagi Portugal mencetak golnya melalui titik putih. Jules Kounde yang mencoba menghalau umpan Ronaldo namun bola mengenai tangannya. Ronaldo yang kembali maju sebagai algojo dengan mudah menaklukkan Lloris. Skor 2-2 ini bertahan hingga akhir laga.

Di pertandingan lainnya di Allianz Stadium, Munich, Jerman memulai laga dengan buruk. Pada menit ke-11, mereka sudah tertinggal 0-1 dari Hongaria. Gol tim tamu dilesakkan Adam Szala berkat assist Roland Sallai. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Jerman menyamakan kedudukan di menit ke-66. Pemain Chelsea, Kai Havertz mencetak gol keduanya di Piala Eropa berkat assist Mats Hummels.

Namun, hanya berselang dua menit, Hongaria kembali bisa memimpin. Gol menit 68 itu dilesakkan Andras Schafer berkat bantuan dari Adam Szalai.

Berada dalam tekanan dan terancam tersingkir, Jerman kembali mampu menyamakan kedudukan di menit ke-84. Gol kedua Der Panzer dilesakkan sang gelandang, Leon Goretzka. Skor 2-2 ini menjadi hasil akhir. (fj/pp)