Balon Ketua Golkar Palopo Mulai Lobi ke Pusat

71
ilustrasi

PALOPO — Persaingan menjadi nakhoda Golkar Kota Palopo kian mewarnai situasi jelang pelaksanaan Musda Golkar Palopo yang rencananya dihelat dalam waktu dekat ini. Meski belum ada kepastian dari jadwal pelaksanaan Musda ini, namun saat ini terdapat dua dari tiga balon memiliki optimisme menjadi ketua Golkar Palopo ke depan. Nama Rahmat Masri Bandaso dan Hj Nurhaenih adalah yang paling santer dikaitkan menjadi ketua Golkar Palopo ke depan.

Jika melihat keberadaan dua balon ini masing-masing memiliki kelebihan terutama dalam memuluskan jalan mereka merebut mandat menjadi seorang ketua.

Adapun Hj Nurhaenih, meskipun merupakan pendatang baru di partai Golkar Palopo namun sangat dikenal dengan pergerakannya dalam mewujudkan sesuatu yang ia inginkan.

Disinyalir belakangan ini, Ketua DPRD Palopo ini gencar melakukan lobi ke Golkar pusat di Jakarta. Pergerakan seperti ini bukanlah kali pertama dilakukan. Sebelumnya hal yang sama juga dilakukan Nurhaenih ketika ia menginginkan mandat menjadi ketua DPRD Palopo pada 2019 dan itu sukses dilakukan.

Sementara, keberadaan balon Rahmat Masri Bandaso (RMB) adalah seorang kader tulen Golkar. Dirinya bukan kali pertama ingin memimpin partai Golkar Palopo. Sebab periode sebelumnya RMB menjadi ketua partai Golkar Palopo.

Dalam penjaringan calon ketua Golkar Palopo yang berlangsung saat ini, RMB dipastikan balon yang paling memenuhi syarat sebagaimana yang diatur dalam petunjuk pelaksanaan Musda Golkar. Tidak sedikit publik menjagokan keberadaan Wakil Wali Kota Palopo ini dalam memenangkan persaingan tersebut.

Selain syarat seperti, pernah menjadi pengurus partai Gokar selama satu periode, aktif menjadi anggota partai hingga tidak pernah menjadi anggota partai lain, ia juga ditopang dukungan 30 persen dari hak pemilik suara yang dipersyaratkan menjadi seorang calon merupakan dasar yang sudah dimiliki seorang RMB dibanding pesaingnya.

Sementara saat ini, pihak penyelenggara belum dapat memastikan posisi dukungan para balon termasuk syarat-syarat yang dibutuhkan.

Organizing Committe (OC) Musda Golkar Palopo, Irwan Annas yang dikonfirmasi bahwa tahapan saat ini masih terus berlangsung. Hanya saja pihaknya belum memberikan kepastian terkait jadwal pelaksanaan Musda ini. “Rencana Musda bulan ini. Dan untuk memutuskan itu perlu ada rapat internal panitian penyelenggara,” terang Irwan.

Sementara, balon Baharman Supri mengatakan bahwa Diskresi adalah kewenangan dua tingkat diatas DPD II dan jika itu ada ke siapa tentunya masih misterius. Baharman yang juga merupakan ketua pelaksana Musda ini
lebih memikirkan pelaksanaan Musda tersebut. “Kami panitia mempersiapkan Musda saja dan loyal terhadap keputusan diatas soal Diskresi.

Insya Allah penentuan jadwan Musda hari Minggu ini sepulang dari Jogjakarta,” tulis Baharman melalui whatsppnya, kemarin, yang sedang berada di Jogjakarta melaksanakan tugas luar anggota DPRD Palopo.(rul/idr)