Rancang Program ‘LANCAR ASI’, Kadis Nakertrans Luwu: Tingkatkan Pelayanan Pencaker Kab. Luwu

37

Kepala Dinas Nakertans Luwu, Ir H Saiful Abdul Latief, ST, MM.

PALOPOPOS.CO.ID, BELOPA— Berbagai upaya dilakukan jajaran Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Luwu untuk mengoptimalkan pelayanan publik kepada para pencari kerja demi membantu membuka akses kesempatan mendapatkan pekerjaan. Salah satunya, Kepala Dinas Nakertans Luwu, Ir H Saiful Abdul Latief, ST, MM dengan merancang program ‘LANCAR ASI’.

LANCAR ASI adalah akronim dari Layanan Pencari Kerja Terintegrasi. Saiful kepada Harian Palopo Pos, Jumat, 14 Mei 2021, mengungkapkan, Program LANCAR ASI ini merupakan program kegiatan terobosan dalam upaya memberikan pelayanan ketenegakerjaan yang mengintegrasikan beberapa jenis pelayanan dalam satu sistem pelayanan.

Rancang Program 'LANCAR ASI', Kadis Nakertrans Luwu: Tingkatkan Pelayanan Pencaker Kab. Luwu

Pembentukan Tim LANCAR ASI. Program ini adalah Proyek Perubahan PKN TK II Angkatan VII PUSLATBANG LAN MAKASSAR yang diikuti Kadis Nakertrans Luwu. –andrie islamuddin–

” Dalam kegiatan bernama LANCAR ASI ini pencari kerja akan kita berikan pelatihan keterampilan tanpa dipungut biaya di UPTD BLK Luwu . Tidak sampai disitu, pencari kerja yang diberikan pelatihan kerja ini disamping akan mendapatkan seritifkat pelatihan, pula akan langsung menerima kartu kuning (AK/1) serta surat rekomendasi penempatan kerja. Dengan begitu para pencari kerja tidak perlu harus ke Kantor Dinas Nakertrans berkali-kali, ” Ungkap Saiful seraya mengatakan, melalui program LANCAR ASI akan dibuka program kerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk penempatan tenaga kerja terlatih agar penyerapan tenaga kerja meningkat dan angka pengangguran berkurang.

Saiful mengatakan program LANCAR ASI merupakan bagian dari proyek perubahan yang dirancang dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II di Puslitbang LAN Makassar  yang digelar sejak tanggal 25 Maret 2021 lalu hingga 17 Juli 2021 mendatang.

“Di bawah kepemimpinan Bupati Luwu Dr. Drs H Basmin Mattayang, M. Pd, dalam membuka lapangan kerja, Pemkab Luwu memberikan kemudahan investor dalam membuka usaha di Kabupaten Luwu, demi mewujudkan visi kabupaten Luwu yang Maju, Sejahtera dan Mandiri Dalam Nuansa Religius,” kata Saiful.

Saiful menambahkan saat ini ada sekitar 384 sektor usaha di Kabupaten Luwu dengan menyerap 4.476 orang tenaga kerja. Bahkan Pemkab Luwu memberikan kemudahan serta membuka peluang kerja lewat UPTD BLK Luwu dengan menggelar berbagai pelatihan berbasis kompetensi untuk para pencari kerja.

“Bagi generasi muda kabupaten Luwu yang belum memiliki skill, untuk mengikuti pelatihan kerja di BLK Luwu dengan mencoba mengikuti program LANCAR ASI, ” Tandas Saiful. (andrie islamuddin)