Pemkot Serahkan Empat Jenis Ranperda

13
Sekkot Palopo, Drs Firmanza DP saat menyerahkan empat jenis Ranperda Kota Palopo yang diterima Ketua DPRD Kota Palopo, Hj Nurhaenih pada sidang paripurna di Gedung DPRD Kota Palopo, Seniin 3 Mei 2021.

TOMPOTIKKA — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menyerahkan empat jenis Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Penyerahan dilakukan melalui sidang paripurna yang digelar di gedung DPRD Palopo, Senin 3 April 2021.

Empat jenis Ranperda tersebut yakni, Perlindungan dan Pelayanan Penyandang Disabilitas, Penyelenggaraan Kearsipan, Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Riparda), dan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.
Selain itu terdapat lima fraksi DPRD Palopo juga memberikan saran terkait keberadaan Ranperda tersebut. Misalnya Fraksi Golkar menyarankan agar Pemkot Palopo terlebih dahulu melakukan sosialisasi terhadap Ranperda ini jika nantinya telah ditetapkan sebagai Perda.

Mewakili Wali Kota Palopo, Sekkot Palopo, Drs Firmanza, DP mengatakan, saran yang telah diberikan DPRD Palopo akan menjadi pegangan dalam melaksanakan beberapa hal yang terkait dalam Ranperda ini.

Sekkot menyinggung tentang Ranperda Riparda. Dimana Ranperda ini diharapkan bisa mendorong kesejahteraan masyarakat. “Seperti Ranperda soal Riparda ini sangat penting kita adakan agar supaya bisa menarik anggaran dari pusat,” katanya.

Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda), DPRD Palopo, Misbahuddin mengatakan empat jenis Ranperda tersebut nantinya akan dibahas di tingkat Pansus bersama pihak Pemkot Palopo. “Untuk Ranperda ini nantinya berdasarkan persetujuan masing-masing fraksi terkait penempatan pembahasannya. Nantinya ini kita bagi dalam tiga Pansus,” terang Misbahuddin.
Pada sidang ini dipimpin Ketua DPRD Palopo, Hj Nurhaenih, didampingi Wakil Ketua II, Irvan Majid yang dihadiri sejumlah anggota DPRD.(rul/rhm)