Bunga Lavender Ampuh Usir Nyamuk, Cegah Kanker, dan Ini Manfaat Lainnya

19

BUNGA lavender, kini menjadi incaran. Soalnya, bunga dengan warna ungu ini, selain cantik dilihat, juga banyak manfaatnya lho…

Yah, selain terkenal sebagai pengusir nyamuk, lavender memiliki manfaat lain. Lalu apa yah manfaat lain dari lavender ini? Simak yuk, 7 manfaat tanaman lavender di rumah.

Pengusir Nyamuk
Manfaat utama dari lavender tentunya sebagai pengusir nyamuk atau hewan kecil lainnya yaitu tungau. Kemampuan mengusir nyamuk ini berasal dari aroma yang dikeluarkan. Aroma pada lavender mengandung linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Untuk Kulit dan Rambut
Anda dapat mengoleskan lavender yang sudah dicampur oleh cuka apel ke kulit kepala agar dapat mencegah ketombe sekaligus membuat rambut tumbuh lebih cepat dan sehat. Selain untuk rambut, lavender mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga dapat menyembuhkan iritasi kulit bahkan melembabkan kulit yang kering.

Teh Pencegah Kanker
Selain membantu pemulihan luka luar, ekstrak bunga lavender pada teh ini mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah munculnya sel – sel kanker di dalam tubuh. Untuk memperoleh khasiat bunga lavender yang satu ini, Ruppers harus sering mengonsumsi teh ekstrak bunga lavender yah.

Pengharum
Seiring perkembangan teknologi, penggunaan ekstrak lavender pun mulai dikembangkan untuk industri kecantikan dan kesehatan. Kini aroma nya yang khas dapat ditemui di berbagai produk pengharum seperti kosmetik, parfum, pengharum ruangan, dan sabun mandi seperti digambar diatas.

Bunga Lavender Ampuh Usir Nyamuk, Cegah Kanker, dan Ini Manfaat Lainnya

Aromaterapi
Tidak hanya cantik, lavender memiliki aroma yang sangat khas. Aromanya mengandung anti neurodepresive yang dapat memberikan efek relaksasi alias ketenangan. Anda dapat meletakan lavender pada kamar tidur kesayangan Anda sehingga mengatasi stres saat beristirahat bahkan mengatasi insomnia.

Obat Medis untuk Mental
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan linalool pada ekstrak bunga lavender dapat membantu meredakan kecemasan dan menciptakan rasa rileks pada tubuh. Efek anti cemas dari linanool ini selanjutnya dipertimbangkan untuk digunakan sebagai obat dalam terapi kesehatan mental.

Bunga Lavender Ampuh Usir Nyamuk, Cegah Kanker, dan Ini Manfaat Lainnya

Penghias Ruangan
Selain pengharum ruangan, pengusir nyamuk, aromaterapi, dan lainnya, lavender juga tidak kalah penting sebagai penghias ruangan. Warna ungu yang cantik akan menghadirkan aksen cantik pada ruangan. Anda dapat menempatkan lavender artifisial, lavender dengan pot, atau dibentuk bulat seperti gambar di atas.

Bagi Anda pecinta lavender, Ruparupa punya beberapa barang yang mungkin berguna untuk Anda di rumah nih. Simak yuk berikut ini.

Bagi penggemar lavender, bibit tanaman lavender dengan pot merupakan salah satu set yang wajib dimiliki. Set ini terdiri dari pot keramik, benih bunga, media tanam, panduan dan tips cara menanam serta label aluminium.

Penyerap Kelembapan
Penyerap kelembaban adalah alat penyerap kelebaban pada ruangan yang efektif meyerap kelembaban di sekitarnya sekaligus memberikan aroma lavender yang khas. Merupakan pilihan tepat untuk mengatasi kondisi lembab pada kamar tidur, kamar mandi, dan lain nya agar terhindar dari bau apek, jamur dan karat.

Lilin Aromaterapi
Lilin aromaterapi ini terbuat dari material parafin pilihan dengan minyak esensial murni yang mampu memberikan rasa nyaman. Lilin aromaterapi ini memiliki aroma segar dan menenangkan dari bunga lavender. Sangat cocok untuk mengharumkan ruangan Anda di rumah maupun kantor, dan juga merupakan pilihan tepat untuk hadiah.

Minyak Aromaterapi
Minyak Aromaterapi ini mampu memberikan keharuman dan kesegaran dalam ruangan. Minyak Aromaterapi ini hadir dalam aroma lavender yang menyegarkan. Penggunaannya sangat mudah, cukup dipanaskan di atas tungku aromaterapi atau diteteskan kedalam diffuser, dalam sekejap aroma akan menyeruak ke seluruh ruangan.

Hiasan Dinding
Buat tampilan dinding lebih dekoratif dengan menambahkan hiasan dinding kanvas persembahan dari Ruparupa. Metode gambar yang dipalikasikan pada hiasan dinding ini menggunakan teknik gambar cetak (print), untuk hasil gambar yang lebih rapi. Media gambarnya sendiri menggunakan kanvas dengan rangka kayu.

Pengharum Ruangan
Hadirkan kesegaran di dalam rumah Anda bersama pengharum lavender. Pengharum ruangan ini berbentuk sachet kartu yang mudah ditempatkan di mana saja di dalam seperti di dalam lemari, kamar tidur, atau kabin mobil. Membantu mengurangi bau tidak sedap hingga 30 hari pemakaian.

Artifisial Lavender
Hadirkan kesan asri di hunian Anda dengan menambahkan bunga artifisial lavender. Keunggulan utama dari tanaman artifisial ini adalah Anda dapat menggantungkannya sesuai dengan selera dan kondisi ruangan. Meskipun bentuknya yang menyerupai asli, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus sehingga lebih praktis digunakan. (net/pp)