Basmin Ajak Bergotong Royong, Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

17

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang M.Pd Kamis (13/5) saling bermaafan dengan umat muslim usai melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H di Masjid Raya Al-Ishlah Belopa. –andrie islamuddin–

PALOPOPOS.CO.ID, BELOPA–-Di tengah masih mewabahnya Pandemi covid-19, Pemerintah dan segenap umat muslim dan muslimah Kabupaten Luwu Kamis, 13 Mei 2021 merayakan Idul Fitri 1442 H di masjid-masjid. Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd meminta komitmen masyarakat Kabupaten Luwu agar bergotong royong demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Penegasan tersebut disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Luwu, saat memberikan sambutan pada perayaan Idul Fitri 1442 H di Masjid Raya Al Ishlah dihadapan ribuan masyarakat Ibukota Belopa yang bersama-sama menunaikan shalat ied di masjid yang terletak di jantung Ibukota Belopa.

” Hingga detik ini kita belum juga bisa keluar dari Pandemi Covid 19. Saya mengajak kita semua marilah kita berkomitmen untuk memutus mata penyebaran Covid 19 dengan cara bergotong royong. Harus ada gotong royong antara Pemkab dan seluruh lapisan masyarakat Luwu untuk mematuhi protokol kesehatan dengan membudayakan hidup bersih, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, memakai masker dan mengurangi keluar rumah serta berkerumun di tempat ramai, ” ungkap Basmin.

Basmin Ajak Bergotong Royong, Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd di hari raya Idul Fitri Kamis (13/5) saling bermaafan dengan istri tercinta yang juga Ketua TP-PKK Luwu Dr Hj Hayarna Basmin SH, M.Si. –andrie islamuddin–

Basmin mengatakan, Pemkab Luwu bersama Tim gugus tugas kabupaten, tingkat kecamatan dan desa sudah berupaya sekuat tenaga meminimalisir penyebaran virus, sambil tetap menjaga keseimbangan sosial ekonomi masyarakat, dengan melaksanakan beberapa program

” Kita sudah melaksanakan program Sembako untuk masyarakat miskin dan pedagang yang terdampak Covid-19. selain itu juga memberikan program kredit dengan bunga murah bagi pedagang kecil di pasar tradisional serta menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa dan pasar murah, ” kata Basmin.

Dalam suasana merayakan kemenangan Idul Fitri 1442 H usai berpuasa sebulan penuh, di samping menyampaikan permohonan maaf atas segala khilaf dan kesalahan, pula Bupati Luwu dua periode ini memanfaatkan momentum Idul Fitri 1442 H kiranya segenap umat muslim/muslimah senantiasa meninggikan silaturahmi diantara sesama.

” Meskipun dalam suasana Pandemi Covid 19, namun kenikmatan dan keindahan masih bisa kita rasakan. Marilah kita tinggikan silaturahim. Saling berkunjung meskipun mungkin secara virtual. Untuk seterusnya kita saling memaafkan kesalahan masing-masing. Silaturahim adalah resep mustajab untuk ini semua. Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya berkata, tidak akan masuk surga orang yang memutus silaturahim.” Kata Basmin, seraya mengatakan seseorang  diharamkan memutuskan silaturahim, bahkan perbuatan ini termasuk dosa besar dan membuat seseorang jauh dari rahmat dan ridha Allah.

Perayaan shalat ied Idul Fitri 1442 H di Masjid Raya Al-Ishlah Belopa berlangsung khusyu’ dan khidmat dengan khatib H Sukardi Yusuf (Kasi Bimas Kementerian Agama Kabupaten Luwu) dan Imam shalat Ied yaitu H Machmud Andi Mappisabbi. Usai menunaikan shalat ied, Bupati Luwu Basmin Mattayang bermaafan dengan segenap jamaah masjid raya Al-Ishlah Belopa, kemudian kembali ke rumah jabatannya di Pammanu, Belopa Utara untuk saling memaafkan dengan istri, putra putri dan segenap anggota keluarganya. (andrie islamuddin)