210 Napi Narkoba Terima Remisi Idulfitri

36

Nampak Kalapas Palopo, Indra Sofyan SH, Kamis 13 Mei 2021 pada suasana memberi remisi idul fitri. –himawan–PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO — Dari ratusan Narapidana (Napi) yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Palopo, khusus yang beragama Islam mendapatkan remisi Hari Raya Idulfitri 1442 H/2021. Hal ini berdasarkan SK yang telah diterima Lapas Palopo dari wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

“Setelah kegiatan Salat Idulfitri, kami menyerahkan remisi secara simbolis. Jumlah yang menerima 450 napi, dengan rincian 210 napi kasus narkotika, selebihnya kasus-kasus pidana umum,” kata Kalapas Palopo, Indra Sofyan SH, Kamis 13 Mei 2021.

Acara penyerahan remisi tersebut disaksi para staf dan pejabat struktural yang ada di Lapas Kelas IIA Palopo. Remisi diserahkan secara simbolis oleh Kalapas Palopo, Indra Sofyan, kepada perwakilan warga binaan. Dan kegiatan ini tak lepas dari penerapan protokol kesehatan mengingat kasus corona masih terus berjalan.

“Remisi diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah memenuhi syarat dan berkelakuan baik serta berperan aktif dalam mengikuti setiap program pembinaan selama menjalani hukumannya di dalam Lapas Palopo,” kata Indra Sofyan, di sela-sela kegiatan penyerahan remisi.

Dijelaskannya pemberian remisi atau pengurangan masa pidana itu, diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, dan PP Nomor 99 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP.

Sebagaimana yang diusulkan sebanyak 450 WBP Lapas Palopo kini resmi mendapatkan Remisi Khusus di Hari Raya Idulfitri. Dari jumlah tersebut, sebanyak 210 napi narkoba, selebihnya napi kasus penipuan, pencurian, penganiayaan, dan tindak kejahatan lainnya. Adapun besaran remisi bervariasi, dari 15 bulan dan paling banyak 2 bulan, untuk remisi langsung bebas, di hari raya Idulfitri tahun ini tidak ada.

“Alhamdulillah kegiatan penyerahan remisi berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Kami ucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1442 H. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin. Maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan kami,” pungkasnya. (him)