Tim TP3U Partai Ummat se Luwu Raya Terbentuk

275
Buhari Kahar Muzakkar (PIC Partai Ummat di Sulsel)

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO– Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U) pada empat Kabupaten/Kota se Luwu Raya telah terbentuk di daerah masing-masing.

Person in Charge (PIC) atau Pemegang Mantan pembentukan Partai Ummat di Sulsel, Buhari Kahar Muzakkar kepada Palopo Pos, Rabu, 7 April 2021 mengatakan, Ketua TP3U Partai Umat Kota Palopo yakni H Gawing, Ketua TP3U Kab Luwu Muh Said Santos, Ketua TP3U Luwu Utara H Agussalim Yunus, dan Ketua TP3U Luwu Timur Amiruddin Budiman.

Lebih jauh dijelaskan, pertemuan untuk pembentukan TP3U Partai Ummat Kota Palopo yg berlangsung di Cafe Kampis pada hari Sabtu, 3 April 2024 yang lalu di Palopo. Pertemuan itu dihadiri antara lain Syamsul Alam (mantan Ketua KPU Palopo), Taming Somba (mantan Anggota DPRD Palopo), H Gawing (Ketua Imam Mesjid Palopo), Raslim Ramli dan lain2, dan disepakati H. Gawing sebagai Ketua TP3U Kota Palopo dan Taming Somba sebagaia sekretaris.

Selanjutnya untuk TP3U Partai Ummat Kabupaten Luwu dibentuk pada hari Minggu, 4 April 2024. “Untuk Kabupaten Luwu, TP3U Partai Ummat dibentuk pada hari Minggu, 4 April 2024, yang diketuai Muh. Said Santos dan Takdir SAg, sebagai Sekretaris,” kata Buhari.

TP3U Partai Ummat Kab Luwu Utara dan Kab Luwu Timur telah terbentuk seminggu yang lalu, TP3U Luwu Utara diketui H. Agussalim Yunus, mantan Anggota DPRD Kota Banjarmasin, dan Sekertaris H. Abdul Mahfud, mantan Sekda Luwu utara, serta TP3U Luwu Timur diketuai Amiruddin Budiman.

Mantan Anggota DPRD Sulsel 2 periode ini lebih lanjut mengatakan, tugas TP3U ini adalah menyusun kepengurusan lengkap di daerah masing2, Ketua TP3U yang ada sekarang bisa selajutnya jadi Ketua DPD dan bisa juga mengusulkan nama lain yang lebih pas, tergantung kesiapan masing-masing.

Ketua TP3U Partai Ummat Kabupaten Luwu, Muh. Said Santos mengatakan akan segera merampungkan kepengurusan lengkap Partai Ummat di Kab. Luwu sampai tingkat kecamatan. “Kami akan rampungkan kepengurusan Partai Ummat di Kab Luwu hingga ke tingkat kecamatan, dan saya juga nanti tidak mutlak jadi Ketua DPD Luwu jika ada figur lain yang dinilai lebih baik,” kata Said Santos kepada Palopo Pos.

Buhari mengapresiasi pada banyak kalangan yang menyambut baik kehadiran Partai Ummat ini, “Saya lihat yang siap jadi pengurus Partai Ummat ini dari berbagai komunitas, dari ex pengurus partai, dari aktifis keummatan, dan bahkan ada yg menemui saya menyatakan jaringan mereka akan mendukung Partai Ummat tanpa perlu masuk pengurus”, kata mantan Sekretaris DPW PAN Sulawesi Selatan ini.

“Mereka selain bersimpati pada sikap politik pa Amien Rais, mereka juga berharap agar Partai Ummat bisa tampil sesuai namanya, membawa semangat keummatan, mengedepankan moral agama dalam berpolitik dan tidak ikut2an bermain money politik yang semakin subur skarang”, lanjut Buhari yang juga Ketua Kerukunan Keluarga Luwu Raya.

Partai Ummat rencananya akan dideklarasikan pada hari 17 Ramadhan nanti. Partai yg dibentuk Amien Rais ini nampak mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, terlihat dari trend survey oleh beberapa Lembaga survey politik, yang menempatkan partai Ummat sebagai partai baru yang paling tertinggi elektabilitasnya yaitu 1,3 %, partai-partai baru lainnya masih dibawah 1 %. (ikhwan ibrahim)