PDAM Polman Kunjungi Pengelolaan Air Kemasan Wai Tuo

20
Direktur PDAM Polman, Fadli, S.Sos bersama Direktur PDAM Tirta Bukae, Drs Aris M usai mengunjungi pengelolaan air minum kemasan Wai Tuo di Masamba, Selasa 6 April 2021.

MASAMBA — PDAM Way Tipalayo Polewali Mandar (Polman) mengunjungi PDAM Tirta Bukae Luwu Utara, Selasa 6 April 2021.

Kunjungan PDAM Polman dipimpin Direkturnya, Fadli, S.Sos bersama Dewan Pengawas dan para Instansi terkait dalam rangka study banding Pengelolaan Air Mineral Kemasan yang sudah dilakukan di PDAM Tirta Bukae Luwu Utara.

Direktur PDAM Polman, Fadli, S.Sos ditemui Palopo Pos di sela-sela kunjungannya mengatakan, mereka bersama rombongan datang di PDAM Lutra ingin melihat langsung seperti apa pengolahan air kemasan yang sudah berjalan di PDAM Luwu Utara.

“Saya liat PDAM Luwu Utara ini telah memiliki air kemasan sendiri dan sudah berjalan beberapa tahun, makanya kami PDAM Polman bersama teman Dewan Pengawas dan instansi terkait datang melihat langsung proses pengolahan air kemasan itu. Dimana di daerah kami juga akan kami bangun,” ujar Fadli.

Ia melanjutkan, pihaknya juga ingin mengetahui regulasinya dan seperti apa pemasarannya. Fadli mengatakan pihaknya mengetahui tentang air mineral kemasan Produksi PDAM Tirta Bukae, beberapa tahun lalu saat lauuncing yang dilakukan oleh Bupati Luwu Utara.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Bukae, Drs Aris M menjelaskan, rencana awal proyek air mineral kemasan Wai Tuo yakni saat Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indiriani berkunjung ke PDAM dan menantang kami supaya PDAM bisa membuat air yang siap diminum.

”Nah dari situlah pihaknya mulai memikirkan membuat Air Minum Kemasan produksi PDAM. Yang agak lama itu adalah perizinan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), bisa mencapai dua tahun, Izinnya pun hanya lima tahun, dan selalu dievaluasi,” jelas Aris.

Terkait pemasaran, Aris mengatakan memproduksi Air Minum Kemasan Wai Tuo bukan untuk bersaing dengan pihak swasta, apalagi merebut pasar Air kemasan produksi Luwu Utara, tetapi cukup melayani air minum Perangkat Daerah (PD) Pemkab Luwu Utara.

“Jadi pemasaran kita cukup pada instansi atau PD Luwu Utara, kalau mereka semua menggunakan Air Minum Way Tuo, setiap hari termasuk setiap ada kegiatan rapat, saya kira sudah luar biasa, bahkan kita bisa kewalahan memenuhi permintaan,” jelasnya.

Untuk itu dirinya ingin bertemu Bupati Luwu Utara, membicarakan hal ini.

”Kita berharap PD setiap hari menggunakan air mineral Wai Tuo. Saya harap Bupati nantinya membuat edaran ke setiap PD untuk menggunakan Air Kemasan Wai Tuo. Sebenarnya sudah lama saya rencanakan cuma karena bencana alam melanda kita, makanya hal itu sudah tidak terpikirkan, dan fokus pada rehabilitasi pipa air minum yang hancur diterjang banjir,” pungkasnya.(mah/rhm)