Langsungkan Ibadah Kamis Putih, Gereja Katolik Kota Palopo Dijaga Ketat TNI/Polri

150

PALOPO– Ibadah Kamis putih jemaat gereja Katolik di Kota Palopo di dua lokasi berbeda di kawal personil gabungan TNI/ Polri, Kamis, 1 April 2021.

Dua gereja Katolik di Kota Palopo yang langsungkan ibadah Kamis putih dalam rangka menyambut Paskah ialah gereja Katolik di Jl. Kartini, Kota Palopo dan gereja Katolik di Kecamatan Bara Kota Palopo.

Pantauan lapangan di gereja Katolik Jl. Kartini Kota Palopo, sebelum ibadah dimulai pada pukul 16:00 Wita, sejumlah jemaat gereja mulai berdatangan pada pukul 15:30 Wita. Jemaat yang hendak memasuki lokasi gereja, dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian yang berjaga di pintu gerbang menggunakan metal detektor dan pemeriksaan suhu badan oleh panitia gereja.

Ibadah jemaat gereja Katolik di Jl. Kartini dibagi menjadi dua kloter. Ibadah jemaat kloter pertama dimulai pada pukul 16:00 Wita dan berakhir pada pukul 17:30 Wita. Kemudian untuk kloter kedua dimulai pada pukul 19:00 Wita dan berakhir pada pukul 20:30 Wita.

Kepala pengawas dan pengendalian (Padal) Ipda Amsal. P ditemui dilokasi saat tengah melakukan pengamanan, menyebutkan demi kemanan dan kenyamanan jemaat gereja yang melangsungkan ibadah Kamis putih, pihak kepolisian bersama TNI melakukan penjagaan.

“Demi kenyamanan jemaat yang beribadah, pihak kepolisian sendiri dikerahkan sebanyak 20 orang personil unit gabungan. Sebagian anggota, ada yang berpakaian preman dan ada juga yang pakaian dines,” kata Amsal.

Sementara itu, pada pukul 18:30 Wita, terpantau Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas, SH, SIK., MH bersama Kasi Propam Ipda Yusran Sa’ Buran, SH dan jajaran lainnya turut hadir di lokasi untuk memantau langsung jalannya ibadah. Setiba di lokasi, Alfian Nurnas menyempatkan diri bercengkrama dengan jemaat gereja Mayor Inf Martinus Pagasing yang juga diketahui sebagai kepala keamanan gereja.

Hingga ibadah kedua dilangsungkan pada pukul 19:00 Wita, kondisi suasana terpantau dalam keadaan aman dan kondusif.(riawan)