Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Bekali Pustakawan Sistem Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi

81
Para pengelelola Perpustakaan Desa dan Sekolah sedang mempraktekkan sistem pengelolaan perpustakaan dengan sistem aplikasi Inslite di Perpustakaan Daerah Kabupaten Luwu. --ist--

PALOPOPOS.CO.ID, BELOPA– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu terus melakukan inovasi dan kreasi untuk terus memajukan dunia perpustakaan di Kabupaten Luwu.

Guna meningkatkan kinerja dan kompetensi pengelola perpustakaan di era transformasi digital saat ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu memberikan pembekalan sistem pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi kepada pustakawan baik pengelola perpustakaan sekolah maupun perpustakaan desa. Yakni, penggunaan sistem aplikasi Inslite yang merupakan rekomendasi dari Perpusnas RI.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Rakhmat Arifuddin, S.Sos, M.Si, kepada PALOPOPOS.CO.ID, Selasa, 6 April 2021, dengan penerapan aplikasi Inslite ini, maka akan memudahkan pustakawan untuk melakukan pengelolaan perpustakaan.

Mereka, lanjutnya, secara otomatis dapat melakukan penginputan katalog dan koleksi buku. Selain itu, juga dapat melakukan pellayanan peminjaman dan pengembalian buku, pencetakan kartu katalig manual maupun online publik acces catalog, statistik koleksi buku, pengunjung dan anggota perpustakaan serta beberapa laporan lain yang diperlukan dalam pengelolaan perpustakaan. (rls/pp)