Bupati dan Wabup Gelar Apel Gabungan di Lapangan Bakti Rantepao, Ombas: Satukan Tekad Bangun Torut

1727
Yohanis Bassang Bupati Torut saat pimpin Apel gabungan di lapangan bakti Rantepao Toraja Utara, Rabu, 28 April 2021. --albert tinus--

PALOPOPOS.CO.ID, RANTEPAO– Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara menggelar Apel Gabungan pertama, bersama semua OPD, Camat, lurah, kepala lembang, Kepsek SD, SMP ,SMA, Kepala Puskesmas, pengawas sekolah, dan pendamping desa yang berlangsung di lapangan bakti, Rantepao, Rabu, 28 April 2021.

Apel tersebut dalam rangka mengawali masa kerja Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara sebagai konsolidasi semua elemen Pemerintahan Kabupaten Toraja Utara guna menyamakan dan mempersatukan persepsi untuk mendukung dan menyukseskan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara periode 2021-2026.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang,SE,M.Si dalam sambutannya mengatakan, semua pihak harus menjadi contoh dan jangan membiasakan diri terlena dalam hal-hal yang tidak baik.

”Mari kita mulai membangun daerah ini dengan satu tekad kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Masyarakat menanti pelayanan kita bukan sekedar retorika,” katanya.

Makanya dirinya menginstruksikan untuk mengaktifkan absensi setiap pagi dan langsung dilaporkan kepadanya dengan memberi tanda merah bagi yang tidak hadir. ”Disiplin harus berjalan,” tegas Ombas sapaannya.

Bupati dan Wabup Gelar Apel Gabungan di Lapangan Bakti Rantepao, Ombas: Satukan Tekad Bangun Torut

Masih kata Bupati Torut, apel gabungan akan dilaksanakan setiap pagi. Untuk kehadiran lurah/kepala lembang/kepala sekolah dan kepala puskesmas sekali sebulan.

Untuk keindahan, taman yang telah ditanami tabang dan belo bubun harus dirawat masing-masing instansi sesuai pembagiannya mengingat Torut adalah daerah pariwisata.

Pelayanan dalam bentuk kantor Bupati mobile dengan berkunjung ke setiap kecamatan akan diawali dari kecamatan Awan Rantekarua pada tanggal 3-4 Mei 2021. Adapun rombongan yang ikut adalah Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kepandudukan, Dinas Pencatatan sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Perkimtan, dan Dinas Perindakop.

Dengan adanya kantor mobile ini akan membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, masing-masing.

“Kecamatan, Kelurahan/Lembang dan OPD harus mengerjakan tupoksinya. Dinas Pendidikan mengharapkan ada data yang jelas bagi penerima PIP dan melakukan persiapan hari pendidikan nasional, perlu pendataan untuk kelompok tani segera didaftar,” ujar mantan Wabup Mimika Papua ini.

Salah satu yang menjadi perhatian Bupati yang baru dilantik tersebut adalah tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang ada di OPD lain dan mereka dikembalikan ke asalnya masing-masing seperti sekolah dan Puskesmas.

“Bagi pejabat yang rangkap jabatan segera dibenahi. Tidak boleh ada pegawai yang rangkap jabatan. Honor yang tiba-tiba nongol dalam tahun 2021 segera ditarik,” ucap Bupati Toraja Utara.

Sebelum melaksanakan apel gabungan bupati Toraja Utara melakukan pemantauan di Pasar Bolu dan di Jembatan Malango pada pukul 06.00 Wita.

Setelah giat apel gabungan kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Serta Sekretaris Daerah Toraja Utara di perbatasan Kabupaten Toraja Utara dengan Kabupaten Tana Toraja.

Pada sore hari Bupati dan Wakil Bupati melanjutkan agenda mengikuti Zoom Meeting dengan Presiden Republik Indonesia di kantor gabungan dinas Bukit Marante.

Turut hadir dalam apel gabungan , Wakil Bupati, DPRD Toraja Utara, Sekretaris Daerah, Perwakilan FORKOPIMDA Toraja Utara, para Staf Ahli, para Asisten, Kepala-Kepala OPD. Pelaksanaan Apel dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.(albert tinus)