Ayo Buruan Mendaftar, Delapan Sekolah Kedinasan Resmi Dibuka, Lulusan Jadi CPNS

343
--ilustrasi sekolah kedinasan--

PALOPOPOS.CO.ID, JAKARTA— Bagi Anda yang ingin mendaftar sekolah kedinasan siap-siaplah. Karena, pendaftaran perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan untuk tahun ajaran baru 2021/2022 resmi dibuka mulai hari ini, Jumat (9/4/2021) melalui laman Badan Kepegawaian Negara (BKN). “#SobatBKN, portal registrasi #Dikdin2021.

Bila mendaftar, harus cermati baik-baik setiap poin persyaratan yang harus diisi. Ga usah terburu-buru, agar tak menyesal di kemudian hari,” tulis akun Instagram resmi BKN yang dikutip dari kompas.com.

BKN menjelaskan, sekolah kedinasan adalah kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan dan lulusannya jadi CPNS. Sehingga, pendaftaran sekolah kedinasan harus melalui portal BKN.

Untuk mendukung kelancaran seleksi ASN 2021, BKN telah melakukan peningkatan fitur pada portal SSCASN.

Melansir laman BKN, berikut delapan sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 melalui portal https://sscasn.bkn.go.id/:

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Sekolah Kedinasan PKN STAN yang akrab disebut STAN ini merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah Kementrian Keuangan.

Hampir semua lulusan yang memenuhi syarat akan bekerja di Kemenkeu atau lembaga negara terkait. PKN STAN menawarkan beragam program studi dengan gelar Diploma I sampai dengan Diploma IV.

Program studi: Jurusan Akuntansi, Jurusan Pajak, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan Jurusan Manajemen Keuangan. Melansir laman STAN, dengan pertimbangan untuk meminimalkan dampak pandemi Covid-19, tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2021 akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2021 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2021.

Nilai UTBK yang akan dipakai adalah dari materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk semua kelompok ujian yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran (Saintek dan Soshum). Website resmi: http://pknstan.ac.id.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN masih menjadi pilihan banyak anak SMA untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Berada di bawah Kementrian Dalam Negeri, kampus IPDN berada tak jauh dari Kota Bandung, yakni di Jatinangor, Jawa Barat.

Program studi: Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintahan. Website resmi: http://spcp.ipdn.ac.id/spcp/

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah Kedinasan STIS merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Ilmu Statistik (AIS) dan menawarkan jenjang Diploma III sampai Diploma IV. Program studi: Statistik dan Komputasi Statistik. Website resmi: http://stis.ac.id

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Bila Amerika Serikat memiliki Central Intelligence Agency (CIA) yang menjadi salah satu badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat, Indonesia juga memiliki Badan Intelijen Nasional alias BIN.

BIN merupakan organisasi intel yang membawahi sekolah kedinasan STIN. Program studi: Agen dan Analis Intelijen. Website resmi: http://stin.ac.id

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Kilmatologi dan Geofisika (STMKG)
Tertarik mempelajari soal perubahan iklim dan meteorologi? STMKG bisa pertimbangan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Berada di bawah BMKG, perguruan tinggi kedinasan ini mempersiapkan para lulusan untuk bisa menjalankan tugas badan meteorologi itu sendiri.

Program studi: Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi. Website resmi: http://ptb.stmkg.ac.id

6. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Terbentuknya Poltek SSN berawal dari pendidikan sandi pada tahun 1946, bersamaan dengan berdirinya organisasi sandi di Kementerian Pertahanan, yang pada saat itu dikenal dengan nama Bagian Code Kementerian Pertahanan Bagian B (Intelijen)

Poltek SSN di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) kini menerima siswa baru melalui tiga program studi (prodi) Diploma IV. Menariknya, selama menempuh pendidikan mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan dan biaya tinggal di dalam kampus.
Website resmi: https://poltekssn.ac.id/

7. Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan

Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan antara lain:
Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali
Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Politeknik Pelayaran Surabaya
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
Politeknik Pelayaran Barombong
Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
Politeknik Penerbangan Makassar
Politeknik Penerbangan Medan
Politeknik Penerbangan Surabaya
Politeknik Penerbangan Jayapura

8. Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM)

Sekolah kedinasan (POLTEKIP dan POLTEKIM) di bawah Kementerian Hukum dan HAM antara lain:
Politeknik Ilmu Permasyarakatan
Politeknik Imigrasi

Cara pendaftaran sekolah kedinasan
1. Pelamar mengakses portal SSCASN di laman https://sscasn.bkn.go.id dan pilih SSCN Dikdin.
2. Membuat akun SSCN Sekolah kedinasan dengan NIK yang telah tervalidasi melalui data Dukcapil kemudian mencetak Kartu Informasi Akun
3. Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Upload swafoto, memilih lokasi formasi sesuai NIK domisili, melengkapi Nilai, upload berkas.
5. Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran.
6. Verifikator instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk.
7. Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi.
8. Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi).
9. Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan diverifikasi oleh sistem.
10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi.
11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN.
Pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) sekolah kedinasan. Pembayaran dapat dilakukan pada Bank yang sudah dicantumkan di laman pendaftaran.(kps/pp)