Audit BPK Rampung, Palopo Optimis Raih WTP ke-6

10
Tim audit BPK yang dipimpin Daniel Sembiring saat berpamitan kepada Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir, MH di ruang kerja Wali Kota Palopo, Rabu 7 April 2021.

TOMPOTIKKA — Tim audit dari BPK telah merampungkan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Palopo TA 2020. Tim pemeriksa BPK yang dipimpin Daniel Sembiring pun telah pamit ke Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir, MH di ruang kerja Wali Kota Palopo, Rabu 7 April 2021.

Staf Khusus Wali Kota, As’sad Syam saat ditemui usai pertemuan tersebut mengatakan, audit LKPD 2020 di Kota Palopo telah rampung. Namun, prosesnya masih tetap berlanjut di Makassar.
“Tim audit BPK ini masih akan melakukan harmonisasi data atau sinkronisasi di Makassar, terkait opini pemeriksaan yang akan diberikan. Kemungkinan baru bisa diketahui setelah Lebaran mendatang,” jelas As’sad Syam siang kemarin.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo, H Samil Ilyas tetap optimis Kota Palopo akan kembali meraih opini WTP yang keenam kalinya. Yakni meraih WTP tahun 2015, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

“Insya Allah kita optimis mendapatkan WTP keenam, dimana Palopo sudah meraih WTP untuk kelima kalinya. Ini berkat kerjasama seluruh Perangkat Daerah dan petunjuk serta arahan dari Bapak Wali Kota Palopo,” kata Samil.
Landasan optimisme tersebut adalah, selain LKPD diserahkan tepat waktu, juga penyajian LKPD sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Samil menjelaskan, Tim audit BPK Perwakilan Sulsel telah melakukan audit atas LKPD 2020 yang dimulai pada 9 Februari 2021 lalu.

“Tim BPK telah merampungkan pemeriksaan terhadap seluruh objek belanja APBD 2020. Dan insya Allah, pada Mei 2021 mendatang, setelah Lebaran, opini WTP akan diserahkan kepada seluruh daerah Kabupaten/Kota yang telah menyajikan secara wajar laporan keuangan sesuai SAP,” tandasnya.

Turut mendampingi Wali Kota, Asisten I, Drs H Burhan Nurdin, M.Si, Asisten II, Taufiq S,Kep Ns M.Kes, Kepala BPKAD, Samil Ilyas, juga Kabid Mutasi BKPSDM, Sainal Sahid.(rhm)