ASTAGA! 336 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia Tidak Memiliki Mahasiswa

64
--ilustrasi wisuda--

PALOPOPOS.CO.ID, JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengungkap fakta banyak kampus swasta di Indonesia yang hanya punya nama tapi tidak memiliki mahasiswa. Jumlahnya pun tidak sedikit. 336 perguruan tinggi swasta. Ironisnya, PTS ini terdaftar di Kemendikbud dan sudah bertahun-tahun beroperasi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Kemendikbud, Paristiyanti Nurwardani seperti dikutip dari jpnn.com mengatakan, saat ini sebanyak 3.021 PTS yang terdaftar di Kemendikbud. Dari jumlah tersebut, ada 9 PTS yang memiliki mahasiswa lebih dari 20 ribu orang.

“PTS kategori ini akreditasinya pasti bagus dan bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya,” ujar Paris, sapaan akrab Paristiyanti, dalam taklimat media daring, Kamis, 29 April 2021.

Sedangkan PTS yang jumlah mahasiswanya di bawah 1.000 orang ada 2 ribu lebih. Ironisnya, kata Paris, ada 336 PTS tidak memiliki satu pun mahasiswa. Hal inilah yang akan ditertibkan Kemendikbud. Salah satunya dengan melakukan merger bagi PTS yang jumlah mahasiswa minim.

“PTS yang minim mahasiswa diragukan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” tegasnya.

Dia juga mengungkapkan, Kemendikbud akan menertibkan PTS-PTS yang tidak punya izin operasional.(jpnn/pp)