Alat Berat Dikerahkan Keruk Sedimentasi

61
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur saat meninjau beberapa titik genangan di sepanjang Jalan Ahmad Yani atau di sekitar Masjid Syuhada, Sabtu 17 April 2021 dini hari.

*Dini Hari, Suaib Tinjau Genangan Air

MASAMBA — Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur meninjau beberapa titik genangan di sepanjang Jalan Ahmad Yani atau di sekitar Masjid Syuhada, Sabtu 17 April 2021 dini hari.

Peninjauan dilakukan pascahujan dengan intensitas lebat yang kembali melanda Kota Masamba, Jumat 16 April 2021 malam.
Suaib mengatakan, lokasi genangan tersebut adalah lokasi yang sebelumnya terdampak banjir bandang kemarin.

“Jadi genangan ini karena hujan yang cukup deras, bukan air sungai yang meluap, untuk sementara kita akan arahkan pengerukan sedimentasi,” kata Suaib.

Melihat kondisi tersebut, Suaib menuturkan pemerintah akan menurunkan alat berat untuk melakukan pengangkatan sedimentasi agar memperlancar saluran pembuangan.

“Kita akan kerahkan seluruh tim satuan tugas drainase untuk melakukan pengerukan sedimentasi ke sejumlah titik larian drainase. Ini langkah cepat yang bisa kita lakukan sembari menunggu pembangunan drainase,” terangnya.

Suaib mengaku Pemerintah sudah merencanakan pembangunan drainase yang lebih besar yang diharapkan rampung tahun ini.

“Perencanaannya sudah selesai, tahun ini dikerjakan dan diharapkan rampung di tahun yng sama. Jadi itu drainase primer nanti didukung drainase sekunder, ini solusi awal untuk luapan air hujan maupun air sungai,” jelas Suaib.(jun/rhm)