Pemkot Siap-siap Refocusing Anggaran

53
ILUSTRASI

*Aspirasi Anggota DPRD Terancam Direalokasi

TOMPOTIKKA, PALOPOPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo berencana akan melakukan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Realokasi anggaran ini merupakan refocusing seiring instruksi Pemerintah Pusat yang akan dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia.

Namun, dibalik rencana refocusing tersebut, ada kekhawatiran para wakil rakyat DPRD Kota Palopo lantaran anggaran untuk aspirasi mssyarakat yang diperjuangkan sebelumnya tidak menutup kemungkinan akan masuk refocusing.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Palopo, Muhammad Mahdi kepada Palopo Pos, Selasa 16 Februari 2021 di ruang kerjanya mengatakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir saat ini tidak sedikit menyedot anggaran.

Bahkan, kata dia, setiap daerah di Indonesia diharuskan melakukan refocusing dalam penanganan Covid-19. Bahkan dirinya sudah mengajukan kepada pimpinan DPRD untuk segera membicarakan perihal refocusing ini.

“Tahun ini akan ada refocusing anggaran. Itu sesuai instruksi Pemerintah Pusat. Hal ini pula sudah kita sampaikan kepada pimpinan. Nantinya tergantung pimpinan menjadwalkan pembahasan tersebut,” kata politisi PPP ini.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Palopo, Aris Munandar mengatakan jika refocusing ini dilakukan sebaiknya pihak Pemkot Palopo selektif dalam merealokasi anggaran terhadap beberapa program di tahun ini.

“Yang jadi kekhawatiran jika dana dari aspirasi masyarakat yang direalokasi. Tentu program yang diusulkan anggota DPRD sebelumnya bisa tertunda,” tuturnya.

Untuk itu, politisi Hanura ini meminta agar sebaiknya Tim Banggar dan Tim Anggaran Pemkot Palopo terlebih dahulu duduk bersama membahas rencana refokusing dengan melihat anggaran dari program yang bisa masuk dalam refocusing.

“Banggar sebisa mungkin memberikan masukan dan memastikan terkait pos-pos anggaran dari program yang akan direfocusing. Jangan sampai nantinya anggaran dari aspirasi masyarakat banyak direalokasi. Apalagi refocusing ini nilainya tidak sedikit,” tegasnya.(rul/rhm)