Pelantikan 11 Kada Tetap Tatap Muka

27
Plh Bupati Lutra, Ir Armiady melakukan rapat persiapan pelantikan paslon Indah Putri-Suaib Mansur, Senin 22 Februari 2021 di Masamba, kemarin. IST

* Dijadwal 26 Februari di Makassar, Undangan 25 Orang, Lainnya Virtual

MASAMBA, PALOPOPOS.CO.ID — Pelantilan Wali Kota, Wakil Wali Kota, Bupati dan Wakil Bupati di Sulsel dilaksanakan di Makassar, Jumat 26 Februari 2021 mendatang.

Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah memastikan jadwal pelantikan kepala daerah itu tidak akan bergeser lagi usai bertemu dengan Dirjen Otoda Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik di Four Points Hotel, Makassar, Senin 22 Februari 2021, kemarin.

“Alhamdulillah, usulan kita tentang pelantikan dilakukan tatap muka disetujui Kementerian Dalam Negeri. Tapi pesertanya tidak lebih dari 25 orang. Hanya walikota, wakil walikota, bupati, wakil bupati,” jelas Nurdin Abdullah.

Dalam pertemuan itu juga, menurut Nurdin Abdullah, dijelaskan jadwal pelantikan dilakukan 26 Februari termasuk pelantikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhani Pomanto-Fatmawati Rusdi.
“SK-nya datang tanggal 25 Februari, kita lantik tanggal 26,” jelas Bupati Bantaeng Periode 2008-2018 itu.

Menurutnya, acara pelantikan dilakukan secara protokol kesehatan. Ketua Tim Penggerak PKK dilantik pada ruang yang berbeda, juga dilakukan secara tetap muka di Makassar.
“Ada virtual juga yang di daerah jadi masing-masing di daerah menunggu. Yang ke sini hanya bupati dan wakil bupati beserta seluruh ketua tim penggerak PKK,” kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Nanti anggota Forkompinda kabupaten dan kota serta anggota SKPD dan masyarakat menyaksikan secara virtual di daerah masing-masing,” sambung Nurdin Abdullah.

Adapun 11 daerah yang kepala daerahnya akan dilantik bulan Februari ini adalah Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Barru, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Toraja, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Selayar dan Kota Makassar.

Diketahui, bahwa 12 daerah berpilkada di Sulsel, 1 pasangan kepala daerah lainnya, yakni Bupati-Wakil Bupati Toraja Utara akan dilantik Maret 2021 mendatang. Karena masa tugas bupati sebelumnya sampai bulan maret.

Daerah Bersiap

Di daerah, persiapan masih menunggu hasil Rapat Persiapan Pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan diikuti para Kabag Pemerintahan di 11 daerah kabupaten/kota, yang akan dilaksanakan di Ruang Rapat Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa 23 Februari 2021, hari ini.

Hal ini diungkap Kabag Pemerintahan Setda Lutra, Akram Risa, dalam Rapat Persiapan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih di Ruang Rapat Sekda Luwu Utara, Senin 22 Februari 2021.“Insya Allah, besok (hari ini, Red) baru bisa diketahui jadwal pastinya,” kata Kabag Pemerintahan Akram Risa.
Ia menyebutkan pelantikan akan dilakukan Minggu IV Februari 2021.

“Kemungkinan 26 atau 27 Februari, tapi kita lihat besoklah,” sebut Sekretaris Panitia Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara Terpilih ini.

Ia menyebutkan, selain para Kabag Pemerintahan di 11 daerah kabupaten/kota, rapat besok juga akan dihadiri Kadis Kominfo Sulsel, Kabiro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sulsel, Kabiro Administrasi Pimpinan Setda Sulsel, Kabiro Umum Setda Sulsel, serta Kabiro Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel.

Sementara itu, Plh. Bupati Luwu Utara, Armiadi, yang memimpin rapat meminta panitia mempersiapkan agenda historis ini dengan baik.

“Saya minta kepada kita semua agar betul-betul mempersiapkan acara ini dengan baik, sehingga dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala,” harap Armiadi.

Armiadi menyebutkan, teknis pelantikannya sendiri, apakah digelar virtual atau dihadiri langsung di Makassar, masih menunggu petunjuk pemerintah pusat melalui Gubernur Sulsel yang akan diketahui saat Rapat besok.

“Insya Allah, besok (hari ini, Red) baru kita ketahui,” tandasnya.
Selain Plh Bupati Luwu Utara Armiadi, turut pula hadir dalam rapat ini, Asisten Ekonomi Pembangunan Syamsul Syair, Asisten Administrasi Umum Eka Rusli, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Arief R. Palallo, Kepala Bagian Umum Setda Lutra Andi Zulkarnain, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Lutra Akram Risa, serta Kepala Sub agian Komunikasi Pimpinan pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Lukman.(jun/idr)