Kasat Reskrim Palopo: Satu Orang Pembakar Gedung FT Unanda Teridentifikasi dan dalam Pengejaran

3681
Kampus Fakultas Teknik Unanda yang terbakar, Selasa, 1 Desember 2020.

TOMPPOTIKKA– Selang beberapa pekan setelah gelar perkara usai dilakukan Polres Palopo mengenai penyebab kebakaran Fakultas Teknik (FT) Unanda Palopo di Jl Tandipau, Kota Palopo, pada 1 Desember 2020 lalu. Dari hasil gelar perkara yang dilakukan Unit Reskrim Polres Palopo yang dihadiri pengurus kampus Unanda yakni wakil rektor II dan wakil rektor III.

Dari hasil gelar perkara tersebut kemudian ditemukan fakta bahwa FT Unanda dilahap api bukan karena korseting listrik. Sehingga saat itu proses lidik naik tahap ke proses sidik.

Kapolres Palopo melalui Kasat Reskrim AKP Andi Aris Abubakar, SH, MH, saat ditemui di ruang kerjanya menyebutkan, setelah beberapa hari melakukan proses Sidik, Unit Reskrim menemukan hasil bahwa kampus FT Unanda itu dibakar dan saat ini terduga pelaku dalam pengejaran.

“Saat ini ada satu orang terduga pelaku pembakaran inisial ON dalam pengejaran kepolisian,” kata Andi Aris Rabu, 17 Februari 2021.

Kinerja kepolisian Polres Palopo yang telah berhasil mengungkap penyebab kebakaran dan juga berhasil menetapkan satu orang terduga pelaku pembakaran itu, mendapat apresiasi dari Rektor kampus Unanda melalui wakil rektor II.

“Terimaksih yang sebesar-besarnya kepada Kapolres Palopo beserta jajarannya atas kinerja maksimal yang dilakukan sehingga sinergi yang selama ini dijalin, akhirnya membuahkan hasil sesuai dengan harapan kami,” kata DR. Suryanto saat ditemui di ruang kerjanya.

Selain itu, Dr. Suryanto, SP., M.Si yang mewakili Rektor kampus Unanda, juga sangat berharap pelaku pembakaran yang saat ini masih dalam pengejaran oleh kepolisian itu agar segerah mungkin tertangkap dan diberi hukuman setimpal.

“Bangunan kampus yang dibakar itu, merupakan aset negara dan karena tindakan pelaku tersebut telah merugikan negara, kami berharap pelaku diberi hukuman setimpal. Kemudian jika ada aktor lain dibalik tindakan pembakaran kampus tersebut, kami juga sangat berharap besar kepada jajaran Polres Polopo agar itu juga diusut dan ditangkap,” harap Suryanto.(riawan)