Kalatiku Raih Penghargaan Maturitas SPIP Level 3

53
Bupati Torut, Kalatiku Paembonan saat menerima penghargaan dari BPKP Pusat yang diserahkan Kepala Perwakilan BPKP Sulsel, Arman S Harahap, Jumat ,19 Februari 2021.

RANTEPAO, PALOPOPOS.CO.ID– Bupati Toraja utara Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si diganjar penghargaan tertinggi dari BPKP Pusat yang di serahkan Kepala Perwakilan BPKP Sulsel,di Kantor Perwakilan BPKP Sulsel di Makassar, Jumat, 19 Februari 2021.

Menjelang akhir jabatannya, Bupati Kalatiku Paembonan kembali mempersembahkan Penghargaan Maturitas SPIP Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Arman S Harahap.

Seperti diketahui Sebelumnya, Bupati Kalatiku Paembonan mepersembahkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama lima tahun berturut-turut, serta beberapa kali penghargaan dari kementrian Keuangan Republik Indonesia sebagai Pengelola Keuangan Terbaik.

Terkait hal itu, Bupati Toraja Utara Dr.Kalatiku Paembonan menyampaikan penghargaan ini merupakan penghargaan yang tertinggi bagi institusi pemerintahan tingkat kabupaten/kota. Sehingga dengan hal itu menegaskan apa Opini WTP yang diterima secara berturut-turut lima kali itu merupakan sebuah prestasi dari jajaran Pemkab Torut. Penghargaan itu juga tidak diraih dengan mudah.
Sistem pengendalian internal ini, kata Kalatiku, tidak diraih dengan mudah, namun butuh kerja keras dan ketelitian.

“Apalagi dengan penanganan sistem pengendalian pemerintahan yang dilakukan BPKP ini karena sistem pengendalian ini merupakan sebuah proses penelusuran yang sangat detail, Ketika setiap kali BPKP melakukan pemeriksaan maka subtansi tentang penaganan internal dari pada sistem pengawasan itu betul -betul ditelusuri dari tingkatan pertama pengenalan dari pada seluruh kegiatan- kegitan yang dilakukan Pemerintah Daerah Toraja Utara,” ujar Kalatiku.

“Ini kerja keras semua jajaran pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Semoga hasil baik ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang,” pungkasnya.

Pada penyerahan penghargaan Maturitas SPIP Level 3 oleh BPKP kepada Bupati Toraja Utara turut hadir Kepala Inspektorat Yermia TM Marewa, Kadis Pariwisata Yorry Lesewengen, Sekertaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Anugrah Y R.(alb/ald)